Amanat dalam Cerpen Harus Menggugah


Cerita pendek atau cerpen dalah sebuah cerita fiktif yang jumlah halamannya biasanya antara 2-20 halaman. Ciri-ciri cerpen harus menyampaikan amanat. Amanat dalam cerpen adalah suatu pesan yang akan disampaikan oleh pengarang melalui karya cerpen kepada pembaca. Pesan dalam cerpen bisa berupa nasihat, harapan, kritik dan sebagainya.

Contohnya cerpen Emak Ingin Naik Haji kaya akan amanat moral tentang bagaimana bersikap kepada orangtua dan bagaimana seharusnya kita saat menghadapi ujian. Cerpen karya Asma Nadia tersebut menyampaikan amanat betapa pentingnya menyayangi orangtua serta keluarga.

Kumpulan cerpen Emak Ingin Naik Haji karya Asma Nadia merupakan cerpen Best Seller yang mengangkat nilai kehidupan, kegigihan, ketulusan, kasih sayang, semangat berbagi, berserah diri dan berbagai nilai indah lainnya sehingga banyak terdapat amanat dalam cerpen karya Asma Nadia tersebut.

Penulis juga ingin menyampaikan arti tabah yang sesungguhnya saat menghadapi cobaan. Selain itu, ketaatan dan kepatuhan kepada Allah merupakan hal yang mutlak. Lewat tokohnya Asma Nadia memberikan amanat agar seseorang tidak mudah menyerah. Akan tetapi harus berjuang keras untuk mencapai keinginan. Begitu menggugah amanat yang disampaikan dalam cerpen yang sukses besar ini.

Selain mengandung amanat sebuah cerpen juga harus mengandung tema, plot atau alur, setting atau latar, dan sudut pandang. Tema merupakan pokok gagasan yang menjadi dasar dalam mengembangkan cerpen.

Tema cerita bisa berlatar berbagai persoalan, seperti masalah kemanusiaan, kasih sayang, kecemburuan, kekuasaan, dan sebagainya. Plot adalah rangkaian peristiwa hasil dari rekaaan penulis yang dijalin secara saksama untuk menggerakkan laju cerita lewat perkenalan klimaks serta penyelesaian.

Sementara penokohan serta perwatakan merupakan cerita pengarang dalam menggambarkan serta mengembangkan karakteristik atau watak para pelaku dalam karyanya. Latar adalah waktu serta tempat terjadinya cerita. Latar berguna memperkuat tema, membangun suasana, dan menuntun watak sang tokoh. Latar bisa berupa tempat, sosial, dan waktu. Untuk sudut pandang terkait dengan posisi pengarang saat merajut cerita.

Amanat dalam cerpen diupayakan memberikan bahan renungan yang bisa menyentuh pembaca untuk melakukan hal-hal positif. Semoga informasinya bermanfaat untuk Anda.

Selanjutnya : Kelebihan Pengolahan Limbah Cair dengan Pengolahan Primer
Sebelumnya: Penyakit pada Empedu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar