Ampas Jambu Merah

Saat mengolah jambu merah, terutama menjadi jus, sering timbul pertanyaan. Apakah ampas jambu merah juga bisa dikonsumsi? Jambu merah adalah buah-buahan tropis yang kaya akan gizi. Pemanfaatan yang paling populer adalah terapi pengobatan penyakit DBD (demam berdarah).

Jambu merah dipercaya dapat meningkatkan kadar trombosit dalam darah walaupun belum ada hasil penelitian yang membuktikan secara ilmiah korelasi antara konsumsi jambu merah dan peningkatan kadar trombosit dalam darah. Yang jelas, mengkonsumsi buah tersebut memang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang ampasnya, sebaiknya kita mengetahui kandungan dan khasiat dari jambu merah.

Kandungan Zat dalam Jambu Merah

Buah jambu biji merah mengandung:
•    Vitamin A (3,1 mg/100 g), B, dan C (6 kali lebih banyak daripada jeruuk dan 30 kali lebih banyak daripada pisang)
•    Likopen yang berfungsi menghambat kemunduran fisik dan fungsi tubuh.Di antaranya, mencegah kepikunan. Selain itu, likopen mencegah kanker mulut rahim, kanker pankreas, saluran pencernaan, dan kanker prostat. Manfaat lain likopen adalah menambah kesuburan pria.
•    Mineral kalsium, kalium,natrium, dan besi
•    Berbagai jenis asam bermanfaat, antara lain, asam psidiolat, asam ursolat, asam kratogolat, asam oleonolat, asam guaja vermin, dan minyak atsir.

Khasiat Jambu Merah

Khasiat dari jambu merah adalah:
•    Meningkatkan kadar trombosit dalam darah
•    Meningkatkan daya tahan tubuh dan menghambat penurunan fisik dan fungsi tubuh
•    Sebagai antioksidan dan mencegah berbagai kanker
•    Menambah kesuburan
•    Menyembuhkan berbagai penyakit, antiinfeksi dan peradangan, obat diare dan disentri, serta menghentikan pendarahan (menggunakan ekstrak tumbuhannya, seperti daun dan batangnya)

Sungguh luar biasa kandungan dan khasiat jambu biji merah ini.Dengan demikian, buah ini baik untuk dikonsumsi dengan berbagai cara. Rasanya yang juga manis dan lezat membuat orang mudah untuk menyukai buah ini.

Ada berbagai cara mengonsumsi buah ini.Yang paling umum adalah dibuat jus. Cara lainnyaadalah diparut.Hasil parutannya diperas sehingga didapatkan sari buah jambu merah yang berkhasiat. Ampas jambu merah sisa perasan atau penyaringan jus diambil sedikit, kemudian dicampur dengan sarinya.Ada juga yang langsung dibuang.

Belum banyak penelitian tentang pemanfaatan ampas jambu merah. Yang sudahdikembangkan adalah pemanfaatan ampas jambu mete untuk pembuatan abon. Dalam ampas sebenarnya masih terdapat nutrisi, air , dan enzim yang bermanfaat.

Selanjutnya : Angkatan yang Paling Lengkap Persenjataannya
Sebelumnya: Enam Alat yang Diperlukan Fotografer
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...