Anak Pahlawan Revolusi menjadi Jendral TNI


Tahukah Anda siapa anak pahlawan revolusi menjadi Jendral TNI ? Beliau adalah Letnan Jenderal TNIHotmangaradja Pandjaitan. Anak kedua dari pahlawan Revolusi Donald Isaac Pandjaitan ini memiliki sifat juang seperti Ayahandanya. Keinginannya yang kuat untuk mengabdikan jiwa dan raga sepenuhnya pada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) membuatnya tidak punya banyak waktu untuk bergaul dengan teman-temannya.

Profil Letnan Jenderal TNI Hotmangaradja Pandjaitan

Letnan Jenderal (Purn.) TNI Hotmangaradja lahir di ibukota Propinsi Sumatera Selatan, Palembang, pada tanggal 14 Oktober 1953. Pada tahun 2010 Beliau pernah menjabat sebagai Sekretaris Kementrian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam). Ajaran kedisiplinan dan didikan yang keras dari sang Ayah dapat membentuk pribadi yang kuat dan pantang menyerah pada diri Hotma, begitu panggilan akrabnya. Hal ini membuat dirinya terus berusaha gigih untuk mengejar cita-citanya. Hingga akhirnya ia menoreh sejumlah prestasi yang membanggakan bagi bangsa dan negara Indonesia tercinta.

Riwayat Pendidikan

Sejak muda Hotma sudah berkeinginan untuk melanjutkan perjuangan sang Ayah di bidang militer. Keinginan ini semakin kuat karena juga mendapat dukungan penuh dari sang Ibu. Setelah lulus dari SMA, Hotma melanjutkan pendidikannya ke Akademi Militer Indonesia dan menyelesaikan pendidikannya di AkMI pada tahun 1977.

Tahun berikutnya ia melanjutkan pendidikan militernya ke Amerika Serikat selama setahun dan kemudian pulang ke Indonesia dengan menyandang gelar Master. Setelah itu Hotma diangkat menjadi Atase Pertahanan Republik Indonesia di Negara Jerman. Hotma yang sangat mengidolakan sang Ayah bangga dan puas dengan pencapaiannya. Tak hanya berhenti sampai di situ, Hotma terus berkarir dan meraih prestasi membanggakan di bidang militer hingga memperoleh bintang tiga, melampaui karir sang Ayahanda.

Warisan Semangat Militer

Donald Isaac Pandjaitan merupakan sosok ideal dalam keluarganya. Ia mampu menjadi figur teladan bagi anak-anaknya. Setelah peristiwa berdarah yang menewaskan D.I. Pandjaitan, muncul keinginan dan tekad yang kuat di hati anak-anaknya untuk melanjutkan perjuangan Ayahanda dalam membela dan mempertahankan Negara. Namun karena Ibunda tidak mengijinkan kedua putranya terjun di bidang militer Ibunda hanya mengijinkan salah seorang dari mereka yang menempuh pendidikan militer, maka diadakanlah undian yang akhirnya dimenangkan oleh Hotmangaradja.

Tak hanya mewarisi semangat militer dari sang Ayah, Hotma juga berhasil menularkan semangat juang tersebut kepada anak-anaknya hingga kedua anaknya berhasil meraih pangkat Lettu TNI dan Lerda TNI.

Demikianlah tulisan ini mengupas tentang anak pahlawan revolusi menjadi Jenderal TNI. Semoga kita dapat meneladani semangat juang para pembela Tanah Air ini.

Selanjutnya : Anggota Tubuh yang Kuat
Sebelumnya: Agama yang Lahir dari Pemikiran Manusia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar