Ulasan tentang Anak Tipes

Bagaimana cara penanganan anak tipes? Tipes atau yang disebut dengan typhoid fever atau thypusabdominalis berkaitan dengan perut dan masalah pada usus. Bakteri Salmonella typhi atau Salmonella paratyphi A,B,dan C yang menyebabkan penyakit ini.

Penyakit Tipes

Penyakit Tipes bisa menyerang siapa saja mulai dari balita hingga orang dewasa. Penyakit ini biasanya muncul ketika musim kemarau. Dari semua usia, yang paling banyak terkena adalah anak-anak dengan usia dibawah 5 tahun. Anak tipes harus segera ditindaklanjuti karena mereka masih belum mengetahui penyakit apakah tipes itu.

Kemudian apakah Penyebab Tipes? Awalnya penyakit ini muncul dikarenakan kurang bersihnya lingkungan sekitar sehingga bakteri berkembang di tempat tersebut. Misalnya, air bekas cucian piring, daerah rumah yang ada genangan airnya, alat makan yang tidak bersih.

Makanan yang sudah tidak layak dimakan lagi yaitu basi juga bisa menjadi penyebab penyakit tipes ini. Bakteri yang ada dari makanan basi tersebut masuk ke dalam perut kita kemudian berada di usus halus. Bakteri tersebut membuat usus terluka dengan mengerogotinya.

Gejala Tipes ditandai dengan munculnya demam selama lebih kurang seminggu. Malam hari demam tinggi namun di siang harinya terlihat sehat. Untuk anak yang menderita penyakit tipes lidahnya akan nampak berwarna putih tetapi di pinggirnya berwarna merah.

Anak juga akan merasa pahit sehingga ingin makanan yang asam-asam. Anak juga bisa muntah atau hanya mual. Hal ini dikarenakan bakteri berkembang biak di bagian limpa dan hati. Kemudian pembengkakan akan terjadi dan lambung tertekan dan mual.

Penyakit tipes ini membuat si anak mengalami diare atau juga terkadang susah buang air besar. Kemudian, Tipes Yang Terkena Pada Anak  menimbulkan gejala lemas serta pusing. Tenggorokan pun terkena infeksi. Dari semua itu akibatnya Anak Dengan Penyakit Tipes akan pingsan karena bertambah sakit dan lemas sekali.

Ketika Muncul Penyakit Tipes Pada Anak, demam yang muncul bisa diobati dengan diberikannya antibiotik. Agar pengobatan lebih cepat lagi, anak harus diberikan makanan yang tidak pedas dan asam namun berserat rendah dan mengandung kalori yang tinggi juga kaya akan protein. Misalnya, Anak Yang Sakit Tipes sebaiknya makan tempe yang berprotein tinggi, juga bubur  karena bertekstur lembut dan halus agar mudah diserap usus.

Sebaliknya makanan yang tidak boleh dimakan untuk sementara waktu adalah kacang-kacangan seperti kacang tanah, kedelai dan juga buah yang mengandung gas tinggi seperti duren atau nangka. Sebaiknya makanan yang berserat tinggi seperti gandum dihindari dulu untuk sementara waktu. Itulah sekilas mengenai anak tipes.

Loading...
Selanjutnya : Paragraf Argumentasi Pengangguran di Indonesia
Sebelumnya: Mengapa Harus Download Buku Puisi Cinta?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar