Analisa Fungsi Internet bagi Ibu Rumah Tangga


Analisa fungsi internet bagi kaum ibu sangat beragam. Tingkat pendidikan dan motivasi penggunaan internet sangat berpengaruh pada fungsi internet bagi kaum ibu ini.

Jika diperhatikan, dewasa ini tren peningkatan aktivitas kaum ibu cenderung meningkat. Hal itu bisa dilihat dari kecenderungan peningkatan jumlah akun sosial media yang dimiliki dan dikelola oleh kaum ibu.

Fungsi Internet bagi Ibu Rumah Tangga (IRT)

Jika diamati dari kecenderungan yang berkembang, ibu-ibu rumah tangga memfungsikan internet untuk keperluan berikut.

1. Sarana bersenang-senang

Fungsi internet oleh sebagian IRT hanya digunakan untuk bersenang-senang. Mencari kenalan, chatting, blogging, dan berkumpul online dalam group ibu-ibu.

Selain bersenang-senang, jika bergabung dalam group positif, umumnya IRT ini akan meningkatkan fungsi internet menjadi sarana aktualisasi diri.

2. Sarana aktualisasi diri

Banyak hal-hal positif yang bisa dilakukan oleh IRT di internet. Misalnya, belajar menulis secara online, mendapatkan order pekerjaan menulis secara online, belajar blogging, belajar bisnis, dan bahkan belajar berbagai tutorial keterampilan secara online.

3. Sarana bisnis

Internet juga banyak dimanfaatkan oleh IRT sebagai sarana untuk menjalankan bisnis online. Tidak sedikit IRT yang kemudian menemukan eksistensi dirinya dalam bisnis ini.

4. Sarana untuk mencari dan mempermudah pekerjaan

Internet juga dimanfaatkan oleh ibu-ibu kreatif ini untuk mencari pekerjaan. Baik pekerjaan freelance, maupun pekerjaan full time. Internet memang gudangnya berbagai informasi.

Internet juga menghubungkan antara pekerja dan perusahaan yang membutuhkan. Jadi, bagi ibu-ibu yang memiliki jaringan internet di rumahnya, mari manfaatkan fasilitas online ini sebaik-baiknya!

5. Sarana untuk mencari informasi

Internet adalah gudang informasi yang sangat luas. Anda bisa menemukan informasi apa saja yang dibutuhkan hanya dengan mengetikkan beberapa kata kunci di kolom search engine Google.

Berbagai informasi yang dibutuhkan mengalir di hadapan. Namun ingat, harus tetap selektif memilih informasi dari dunia maya ini.

Analisa fungsi internet bagi ibu rumah tangga ini diambil berdasarkan kecenderungan dan hasil pengamatan langsung aktivitas akun sosial media (facebook dan twitter) ibu-ibu yang aktif di internet.

Selanjutnya : Jenis Arus dan Arus Dingin California
Sebelumnya: Implikasi Syahadat terhadap Amalan Sehari-hari
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar