Teknik Analisis Penelitian Kualitatif

Dalam sebuah penelitian kualitatif terdapat banyak teknik analisis penelitian kualitatif yang bisa menjadi pilihan untuk teknik yang digunakan dalam proses analisis data. Anda harus memilih salah satu dari banyak teknik analisis kualitatif yang nantinya akan Anda gunakan untuk penelitian Anda.

Teknik yang Anda pilih inilah yang harus benar-benar Anda kuasai agar penelitian bisa berjalan lancar. Untuk lebih memahaminya ada baiknya Anda pahami beberapa teknik analisis kualitatif berikut ini.

Comparative Analysis

Teknik analisis ini dilakukan dengan mencari pola atau karakteristik tertentu dengan menggunakan metode induksi. Metode inilah yang dipergunakan dalam memperlakukan teori yang telah ada. Untuk menggunakan analisis ini Anda bisa lakukan dengan cara mengeliminasi atau disebut dengan Method of agreement atau bisa juga dengan menghubungkan atau dikenal dengan method of difference.

Ideal Type

Teknik ini dilakukan dengan membuat model ideal berdasarkan beragam kriteria yang nantinya dapat dijadikan pembanding dari data yang didapatkan. Biasanya metode analisis ini dipergunakan untuk tujuan mengkomparasikan konteks dan membuat analogi. Konteks yang dimaksud bisa dilihat berdasarkan situasi, kultural atau bahkan perspektif tertentu.

Successive Approximation

Teknik analisis ini dilakukan dengan menganilisis data dan konsep berulang kali selama proses penelitian berlangsung. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat. Untuk memastikan bahwa kesimpulan yang didapatkan adalah kesimpulan yang tepat sebagai hasil dari penelitian kulitatif yang sudah dilakukan.

Illustrative Method

Metode analisis ini dikenal pula dengan metode analisis empty box. Tekniknya dilakukan dengan mengaplikasikan teori atau sebuah konsep pada fenomena sosial. Fenomena sosial ini adalah fenomena yang merupakan objek yang ingin diteliti. Bisa terdiri dari sebuah fenomena atau lebih yang saling terkait atau berhubungan satu sama lain.

Network Analysis

Teknik ini dilakukan dengan membuat peta jaringan dari sekumpulan individu, organisasi, kegiatan dan juga lokasi atau tempat. Dari peta jaringan inilah sebuah analisis jaringan dapat dihasilkan. Analisis dilakukan hingga peneliti sampai pada sebuah kesimpulan  yang merupakan hasil dari analisis kualitatif yang telah dilakukannya.

Itulah beberapa teknik analisis penelitian kualitatif yang seringkali dipilih untuk melakukan penelitian dengan metode kualitatif. Selain itu ada juga discourse analisis, illustration analysis, Ideal type analysis, dll.

Alternatif analisis kualitatif  yang juga dapat digunakan untuk dalam teknik analisis penelitian dengan menggunakan metode kualitatif. Pengguaannya tentu disesuaikan dengan objek yang diteliti dan juga tujuan dari penelitian tersebut.

Loading...
Selanjutnya : Beberapa Keuntungan dan Kelemahan Suzuki Thunder
Sebelumnya: Cara Membuat Tenderloin Steak Perancis Hasil Kreasi Sendiri
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar