Anatomi Adalah dalam Struktur Ilmu Biologi

Anatomi adalah salah satu cabang ilmu biologi. Anatomi merupakan ilmu yang mempelajari letak dan hubungan bagian-bagian tubuh manusia, hewan maupun  tumbuhan. Tubuh makhluk hidup tersusun dari beberapa bagian. Tubuh manusia misalnya. Tubuh manusia terdiri dari tiga bidang khayal yaitu bidang medial yang membagi tubuh menjadi kanan dan kiri. Bidang kedua adalah bidang frontal yaitu membagi tubuh menjadi depan dan belakang. Dan yang terakhir adalah bidang transversal. Bidang transversal ini membagi tubuh menjadi bagian atas bagian bawah. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ulasan mengenai anatomi.

Anatomi Adalah Salah Satu Cabang Ilmu Biologi

Anatomi dimasukan dalam salah satu cabang ilmu biologi karena, di dalamnya anatomi banyak mempelajari  perubahan-perubahan yang terjadi di alam secara alamiah. Sementara, perubahan-perubahan alamiah tersebut merupakan pengetahuan yang dikaji oleh ilmu biologi. Itulah sebabnya anatomi dimasukan ke dalam salah satu cabang ilmu Biologi.

Ketelitian penelitian atomi adalah ketelitian seorang filsafat. Filosof mengelompokan segala sesuatu berdasarkan kelompoknya. Begitu juga seorang peneliti anatomi. Anatomi melakukan pengelompokan  pada tubuh manusia, binatang, maupun tumbuhan berdasarkan struktur organisasinya. Selain itu, anatomi memiliki cabang penelitian, beberapa cabang penelitian anatomi adalah histologi, anatomi perbandingan, dan anatomi manusia.

Anatomi Adalah Berasal Dari Bahasa Yunani

Tahukah anda bahwa sebenarnya kata anatomi berasal dari bahasa Yunani? Anatomi berasal dari kata anatomia dari anatemnein yang dalam bahasa Yunani berarti memotong. Secara harfiah anatomi berarti mempelajari struktur organ. Anatomi melukiskan struktur dan organ dari makhluk hidup baik hewan, tumbuhan, maupun manusia. Anatomi khusus berarti anatomi yang mempelajari salah satu bidang kajian secara khusus. Telah disebutkan bahwa anatomi memiliki cabang penelitian. Cabang penelitian tersebut merupakan atomi yang mempelajari bidang khusus seperti, anatomi hewan berarti mempelajari struktur hewan, anatomi manusia berarti mempelajari struktur tubuh manusia.

Anatomi khusus mempelajari bidang kajiannya dengan berbagai macam pendekatan. Pendekatan-pendekatan tersebut dilakukan agar kerumitan-kerumitan yang dijumpai dapat teruraikan satu persatu. Pendekatan yang digunakan bisa dari sudut medis, meliputi bentuk, ukuran, dan hubungannya dengan berbagai struktur tubuh makhluk hidup kajiannya. Ilmu anatomi diterapkan untuk berbagai tujuan, baik untuk tujuan penelitian maupun medis. Ginekolog menggunakan ilmu anatomi tubuh manusia untuk mengetahui alat-alat tubuh manusia dan berbagai penyakit yang mungkin terdapat pada tubuh manusia. Fungsi lain dari anatomi adalah untuk ilmu bedah.

Loading...
Selanjutnya : Perut Bunyi dan Sakit
Sebelumnya: Anak Jalanan Mengemis Untuk Biaya Sekolah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar