Pesona Desa Wisata Ancol Magelang

Ancol Magelang merupakan objek wisata baru yang wajib di kunjungi. Ancol yang ini tempatnya bukan di Jakarta, melainkan di suatu desa di Magelang, Jawa Tengah.

Objek wisata ini tepatnya bernama Bligo Ancol, di sini merupakan awal saluran irigrasi Selokan MataramĀ  bermula. Selokan Mataram merupakan salah satu infrastruktur pertanian terkenal dan paling tua di Yogyakarta. Bisa dikatakan Selokan Mataram merupakan salah satu peninggalan bersejarah.

Tepatnya, ketika Raja Hamengkubuwono IX berhasil mencegah Tentara Jepang mengambil rakyat Jogja untuk dijadikan tenaga romusha. Sri Sultan HB IX menggelar negoisasi dengan Jepang guna melindungi rakyatnya.

Sejarah Selokan Mataram

Sri Sultan tak mengizinkan rakyatnya dikirim ke Sumatera untuk jadikan budak Jepang. Sri Sultan hanya mengizinkan mereka kerja di sekitar Jogja. Sultan dengan lihai mengutarakan bahwa wilayah Jogjakara merupakan daerah tandus, hanya singkong dan jagung yang bisa tumbuh di sini.

Selain itu rakyatnya pun masih sedikit. Sultan HB IX minta pengertian kepada Jepang. Maka dari itu Pihak Jepang menawarkan membangun irigasi guna mengairi petanian di wilayah Sleman, Jogjakarta, dan Bantul.

Maka pada tahun 1942 dimulai proyek besar pembuatan irigrasi sepanjang 31,5 KM. Proyek penggalian kanal ini dimulai dari Dusun BIigo, Desa Ancol, Magelang. Mengapa dipilih Bligo? Karena di sini terdapat Sungai Progo yang airnya melimpah, dan dibisa disaluran untuk mengairi sawah-sawah di Sleman, Jogjakarta hingga berakhir ke Bantul.

Mega Proyek Bernama Kanal Mataram

Pembangunan mega proyek ini konon mengerahkan ratusan tenaga kerja yang diambil dari masyarakat Magelang dan Jogjakarta. Desain irigrasi dibuat oleh Yoshiro, insinyur sipil Jepang. Maka dulu irigrasi ini dinamakan kanal Yoshiro.

Irigrasi Bligo, di Ancol Magelang ini juga menghubungkan antara Sungai Progo dan Sungai Opak di Bantul. Pembangunan irigrasi ini juga membuktikan ramalan dari Sunan Kalijogo, yang mengatakan kelak Jogjakarta akan makmur ketika dua sungai tersebut tersambung jadi satu. Mega proyek ini berakhir pada tahun 1945,bertepatan dengan menyerahnya penjajah Jepang karena kalah perang pada perang dunia II.

Ancol Magelang Sebagai Objek Wisata Baru

Sekarang Selokan Mataram masih berfungsi sebagai saluran pengairan sawah. Selain itu juga dipakai untuk tempatĀ  refresing oleh masyarakat Magelang. Desa Ancol Magelang suasananya yang sepi, tenang selain itu udaranya sejuk, bisa sedikit melepas kepenatan.

Selanjutnya : Aneka Olahan Masakan Daging
Sebelumnya: Aliran-aliran Islam di Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...