Aneka Jenis Tanaman TOGA dan Fungsinya


Pernahkah Anda mendengar istilah tanaman TOGA? TOGA adalah singkatan dari Tanaman Obat Keluarga. Mengetahui beraneka ragam jenis tanaman TOGA dan fungsinya adalah dapat memberikan manfaat tersendiri.

Salah satunya adalah dapat digunakan sebagai pertolongan pertama dalam menangani suatu penyakit. Selain itu, tanaman TOGA dapat menjadi obat alternatif dari penyakit penyakit tertentu.

Berikut adalah beberapa jenis tanaman TOGA yang dapat Anda tanam sendiri di lingkungan rumah Anda.

1. Bawang Putih

Bawang putih yang biasa dikenal sebagai bumbu dapur ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit batuk dan pilek. Bawang putih diketahui mampu melegakan saluran pernafasan yang mampat. Selain itu, tanaman ini juga mempermudah proses pengeluaran lendir dari saluran pernafasan.

Cara pengobatan menggunakan bawang putih ini adalah dengan memakan bawang putih mentah secara langsung ataupun menambahkan bawang putih pada masakan. Cara lainnya adalah dengan menghancurkan bawang putih, kemudian direbus sekitar dua menit. Lalu minum.

2. Jambu Biji

Jambu biji dapat mengobati penyakit diabetes mellitus. Caranya adalah rebus satu buah jambu biji dengan 1 liter air hingga mendidih. Saring airnya dan minum dua kali sehari.

Selain buahnya, daun jambu biji juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit, seperti maag dan diare. Untuk diare, rebus 5 lembar daun jambi biji, ditambah 1 potong akar, batang dan kulit pohon jambu biji dalam 1,5 liter air.

Minum dua kali sehari pagi dan sore. Untuk sakit maag, rebus 8 lembar daun jambu biji dalam 1,5 liter air hingga mendidih, saring dan minum airnya.

3. Kumis Kucing

Tanaman ini digunakan sebagai obat pelancar/peluruh air kemih. Selain itu, daun kumis kucing baik yang kering maupun yang basah dapat juga digunakan untuk mengobati sakit rematik, masuk angin dan sembelit.

4. Kunyit

Kunyit bermanfaat untuk mengobati radang, demam dan sesak nafas. Caranya adalah kunyit diparut, kemudian tambahkan air, saring dan minum.

5. Sereh

Selain untuk menambah aroma masakan, sereh juga digunakan sebagai obat untuk radang lambung, obat sakit kepala, serta mengobati gusi yang bengkak.

Demikian beberapa jenis tanaman TOGA dan fungsinya. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Mengenal Ruby Nama Permata Warna Merah
Sebelumnya: Tips Membacakan Pidato Bahasa Indonesia Tentang Agama
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar