Belajar Aneka Kreasi Bentuk dari Kertas Lipat


Di sekolah kita pernah diajari seni melipat kertas untuk membuat berbagai bentuk hewan seperti burung, katak, angsa, dan sebagainya. Ataupun juga berbagai bentuk geometri seperti persegi, segi tiga, dan sebagainya. Namun ketrampilan melipat kertas ini tidak hanya menjadi kegiatan untuk anak-anak. Orang dewasa pun bisa menikmatinya. Di Jepang, ada seni melipat kertas yang disebut origami. Aneka kreasi bentuk dari kertas lipat bisa dibuat untuk berbagai jenis mulai dari binatang, kendaraan, bunga, figur karakter, dan sebagainya.

Origami

Masyarakat Jepang yang terkenal dengan ketekunannya, menciptakan berbagai macam seni salah satunya adalah seni melipat kertas atau origami. Seni origami ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Konon, seni origami telah muncul sejak abad 1, yaitu sekitar tahun 105 yang diperkenalkan oleh Ts’ai Lun. Seni melipat kertas ini kemudian tersebar ke Spanyol di abad ke-6, akibat perdangangan antar negara di masa lalu.

Kini seni origami telah dikenal luas di seluruh dunia. Penggemarnya tidak saja anak-anak, melainkan juga orang dewasa. Anda akan takjub ketika mengetahui betapa banyak kreasi yang bisa dihasilkan dari selembar kertas. Ada pula yang mengatakan belajar seni melipat kertas ini juga bisa sebagai terapi bagi penderita lemah mental dan fisik. Bagi anak-anak, ketrampilan melipat kertas juga akan mengajarkan pada mereka disiplin, ketekunan, dan perhatian pada detail. Bagi orang dewasa, aktivitas ini bisa menjadi pengisi waktu luang, atau sebagai sarana rekreasi untuk melepaskan penat akibat tekanan pekerjaan atau keluarga.

Tak heran banyak kursus origami yang bermunculan dewasa ini. Pesertanya tidak hanya anak-anak, tapi juga orang dewasa. Di sekolah-sekolah pun ketrampilan melipat kertas tidak hanya terbatas pada bentuk burung atau bentuk geometris standar, tapi mulai berkembang dengan berbagai kreasi. Aneka kreasi bentuk dari kertas lipat semakin berkembang, ada pola-pola yang sudah tersedia dan tinggal diikuti. Namun Anda juga bisa menciptakan pola Anda sendiri. Tentunya ada kepuasan tersendiri apabila Anda berhasil membentuk suatu karya ketrampilan dari kertas yang unik dan bernilai seni.

Selanjutnya : Grosir Dompet Surabaya
Sebelumnya: Wisata Kuliner Pasar Minggu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar