Memperhitungkan Anggaran Dapur Sederhana


Tren rumah minimalis modern merupakan cara cerdas menyiasati keterbatasan ruang di tengah kehidupan modern yang semakin padat. Meski ruangan tidak terlalu besar,  tapi dengan desain yang tepat bisa dimanfaatkan dengan maksimal untuk memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Desain minimalis juga berlaku untuk pembuatan dapur. Dapur sederhana namun cantik dan nyaman adalah penting. Lantas berapakah anggaran dapur sederhana?

Membuat dapur sesederhana apapun itu, tidak cukup hanya sekedar meletakkan kompor dan bak cuci piring saja. Meski ruangan terbatas, dan dapur yang dibuat hanya sederhana saja, namun ada banyak faktor yang harus diperhatikan sebelum Anda memperkirakan berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah dapur.

Faktor-faktor yang harus ada pada sebuah dapur ideal adalah berapa besar ukuran dapur yang Anda inginkan. Ukuran ruang dapur ini tentunya menyesuaikan dengan luas ruangan rumah secara keseluruhan. Apabila ruangan dapur tidak terlalu besar, Anda bisa meletakkan barang-barang yang penting saja misalnya kompor, rak piring, kulkas, dan lemari penyimpan.

Langkah selanjutnya adalah memperhitungkan saluran air dan saluran udara. Saluran air penting mengingat kegiatan masak memasak tidak bisa dipisahkan dengan penggunaan air. Selain itu, saluran udara juga penting. Jangan sampai dapur Anda tertutup dan kurang ventilasi. Sirkulasi udara di dalam dapur harus lancar, agar segala macam aroma yang dihasilkan dari proses memasak tidak memenuhi ruangan. Di samping pula juga sebagai keamanan apabila gas bocor, jika sirkulasi udara lancar, maka gas tidak akan terkumpul dan mempat di dalam ruangan yang tentunya beresiko untuk meledak.

Hal lain yang tak boleh diabaikan adalah cat tembok untuk dapur dan keramik pelapis dinding. Sebaiknya lapisi dinding dapur yang dekat dengan kompor dan tempat mengupas dan mengiris makanan, agar mudah dibersihkan. Cat dinding juga harus menyesuaikan dengan warna keramik dinding. Apabila semuanya macthing, maka otomatis suasana dapur pun akan menjadi nyaman dan suasana hati dalam memasak akan semakin bagus. Suasana hati yang bagus akan memberi pengaruh pada cita rasa masakan.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut di atas, kini Anda bisa membuat daftar material yang diperlukan untuk membuat dapur. Lalu survei harga tiap-tiap material di toko bahan bangunan. Dengan demikian Anda bisa mengestimasikan anggaran dapur sederhana untuk rumah idaman Anda.

Selanjutnya : Thalita, Salah Satu Cerita Novel Terjemahan Stephanie
Sebelumnya: Berburu Cerita Naruto Terbaru
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar