Angin Pantai VS Angin Gunung Mana yang Lebih Kencang

Angin Pantai VS Angin Gunung Mana Yang Lebih Kencang? Nah, Anda mungkin sering bertanya-tanya mengenai hal ini, namun untuk mengetahui mana yang lebih kencang antara angin pantai vs angin gunung maka Anda harus mengetahui perbedaan angin pantai dan angin gunung. Selain itu, kecepatan angin pantai vs angin gunung sangat dipengaruhi oleh faktor terjadinya angin dan proses terjadinya angin.

Pengertian Angin

Pengertian Angin adalah udara yang bergerak karena adanya perbedaan tekanan udara di sekitarnya yang diakibatkan oleh rotasi bumi. Angin bergerak dari tempat bertekanan udara tinggi ke tempat bertekanan udara rendah.
Faktor terjadinya angin dipengaruhi beberapa hal yaitu: a) waktu; angin bergerak lebih cepat di siang hari dibandingkan malam hari; b) ketinggian; semakin tinggi suatu tempat maka angin yang bertiup pun semakin kencang yang diakibatkan oleh gaya gesekan yang menghambat laju udara misalnya dataran tinggi atau pegunungan; c) letak tempat; kecepatan angin lebih tinggi untuk daerah yang dekat dengan khatulistiwa dan kecepatan angin semakin rendah untuk daerah yang jauh dari khatulistiwa.

Angin Pantai VS Angin Gunung Mana Yang Lebih Kencang?

Jenis-Jenis Angin sangat mempengaruhi hal tersebut. Angin Laut atau Angin Pantai adalah angin yang bertiup di daerah pesisir pantai atau angin yang bertiup dari arah laut ke arah darat pada jam 9 pagi sampai dengan jam 4 sore. Angin Laut terjadi karena pada siang hari suhu lautan lebih tinggi daripada daratan dan para nelayan memanfaatkan angin pantai ketika pulang dari menangkap ikan.

Angin Gunung adalah angin yang terjadi pada malam hari dari jam 8 malam sampai dengan jam 6 pagi yang bertiup dari puncak gunung ke lembah atau ke daratan yang lebih rendah. Angin Gunung terjadi karena pada malam hari suhu pegunungan lebih tinggi daripada lautan dan umumnya digunakan para nelayan untuk berangkat melaut.

Pola pergerakan angin gunung dan angin pantai mempengaruhi kecepatan kedua jenis angin ini. Umumnya, angin laut lebih kuat dibandingkan angin gunung karena angin laut dapat memasuki daratan dan mencapai pegunungan hingga jarak 30 km dari pantai sedangkan angin gunung hanya mencapai 10 km dari pantai ke arah laut. Kecepatan angin dinyatakan dalam knot (1 knot = 1 mil/jam = 1,8 km/jam) dan Skala Beaufort. Menurut Skala Beaufort, angin pantai dapat memiliki kecepatan hingga 41 – 48 knot. Sedangkan angin gunung kecepatannya mencapai 25 – 33 knot. Kesimpulannya, angin pantai lebih kencang dari angin gunung.

Pertanyaan mengenai Angin Pantai VS Angin Gunung Mana Yang Lebih Kencang kini sudah Anda ketahui jawabannya. Semoga informasi ini dapat menambah khasanah pengetahuan anda.

Loading...
Selanjutnya : Kelebihan Download Film Indonesia Baru
Sebelumnya: Peristiwa Hajar Aswad
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar