Angin Penyebab Hujan : Angin yang Berpengaruh Terhadap Musim Hujan di Indonesia

Angin muson dikenal sebagai angin yang berpengaruh terhadap musim hujan di Indonesia. Angin ini seringkali disebut juga dengan anggin musim. Angin muson akan muncul secara periodik. Biasanya terjadi di kawasan Samudra Hindia serta bagian selatan Asia.

Penyebutan Muson, merujuk pada sebuah kata yang berasal dari bahasa Arab, yaitu musim. Istilah ini banyak digunakan untuk menyebut perubahan arah angin yang terjadi di kawasan Samudra Hindia, terutama di kawasan Laut Arab. Perubahan angin yang terjadi tersebut akan bergerak dari arah barat daya selama setengah tahun, serta dari arah timur laut untuk setengah tahun berikutnya.

Hippalus, seorang pelaut Yunani, dianggap sebagai orang yang pertama kali memanfaatkan angin muson dalam pelayarannya. Angin muson mampu membuat sebuah kapal berlayar lebih cepat, ketika dirinya menyusuri sepanjang Samudra Hindia.

Namun demikian, ada pula yang menyatakan bahwa Hippalus bukanlah orang pertama di dunia yang menggunakan muson dalam pelayarannya. Karena sebelum Hippalus, sudah banyak pelaut Yaman yang juga menggunakan muson ketika mereka berdagang hingga ke India.

Pembentukan Muson

Angin muson bisa timbul diakibatkan terjadinya perubahan suhu di daratan yang berlangsung lebih cepat dibandingkan perubahan suhu di air. Di mana suhu darat akan menghangat serta menjadi lebih sejuk dan menjadikan cuaca di darat menjadi lebih tinggi pada saat musim panas. Jika suhu di darat lebih tinggi, akan membuat sebuah daerah memiliki tekanan rendah.

Peristiwa perbedaan tekanan udara inilah yang kemudian memicu munculnya angin yang bertiup dengan konstan menuju daratan. Curah hujan yang berhubungan, diakibatkan udara laut yang lebih rendah, beralih menuju arah pegunungan. Hal ini menimbulkan penurunan suhu dan terjadilah pengembunan.
Saat musim dingin, suhu di daratanĀ  akan turun dengan lebih cepat. Sebaliknya, suhu panas yang ada di kawasan laut, akan tetap stabil. Udara panas ini akan semakin meningkat, dan terciptalah kawasan yang memiliki tekanan rendah. Angin sepoi muncul dari barat ke laut.
Pada saat musim panas, perbedaan suhu di laut dan darat tidak terlalu besar perbedaannya. Sehingga hal ini menyebabkan angin muson dingin tidak berlangsung secara stabil. Angin muson pun merupakan angin yang berpengaruh terhadap musim hujan di Indonesia.

Selanjutnya : Cara Membuat Animasi dengan Macromedia Flash yang Seru
Sebelumnya: Perlengkapan Skateboard : Toko-toko Skateboard di Garut
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini