Cara Menghitung Angka Weton

Angka weton atau hari lahir bagi orang jawa amatlah penting. Bagi orang jawa weton merupakan acuan utama yang digunakan dalam melakukan banyak hal seperti, memulai berdagang, membangun rumah, membeli barang, atau pun melangsungkan pernikahan. Menut sebagian besar orang jawa, jika seseorang akan melangsungkan pernikahan, maka orang tersebut harus melangsungkan pernikahannya sesuai dengan tanggal dan hari yang dihitung dari weton masing-masing calonnya.

Mengapa Angka Weton Begitu Penting Bagi Orang Jawa?

Loading...

Bagi orang Jawa, sifat dan watak seseorang bisa dilihat berdasarkan hari wetonnya.  Misalnya, jika anda lahir pada Jumat Pahing maka anda akan memiliki kecenderungan sifat yang jujur, setia dan murah hati dan jika anda lahir pada hari Kamis Pahing anda akan mempunyai semangat yang sangat besar untuk mewujudkan cita-cita yang anda miliki.

Sebagian besar suku jawa menyakini bahwa baik buruknya sebuah rencana yang akan kita laksanakan bergantung pada perhitungan angka  weton. Hal tersebut sangat diyakini kebenarannya karena, wawasan tersebut diturunkan turun temurun  dari nenek moyang  mereka. Aturan-aturan seperti hari lahir merupakan aturan-aturan yang berdasarkan pengalaman dan pengamatan mereka terhadap hal-hal yang terjadi pada perubahan-perubahan alam di sekitar mereka. Perubahan-perubahan alam tersebut kemudian dikaitkan dengan peristiwa yang terjadi di kehidupan mereka saat itu.

Cara Menghitung Angka Weton Anda

Jumlah angka weton seseorang dapat diketahui berdasarkan pasaran jawa atau saat di mana orang tersebut dilahirkan. Dalam menentukan pasaran ada pedoman dan patokan angka yang digunakan. Pasaran orang jawa adalah Pon, Wage, Kliwon, Legi, dan Pahing. Pasaran tersebut memiliki nilai yang berbeda-beda. Pon memiliki nilai 7, Wage memiliki nilai 4, Kliwon memiliki nilai 8, Legi memiliki nilai 5, dan Pahing memiliki nilai 9. Setelah itu, hal yang perlu anda ketahui adalah nilai dari hari kelahiran anda. Hari kelahiran dimulai dari hari Senin sampai Minggu. Nilai dari setiap hari secara berurutan adalah 4, 3, 7, 8, 6, 9, dan 5.

Untuk menghitung nilai weton, anda hanya perlu menambahkan nilai pasaran dan nilai hari lahir milik anda. Sebagai contoh, jika anda lahir pada hari Sabtu Pon, maka nilai pasaran anda adalah 7 dan nilai hari anda adalah 6. Setelah itu, anda hanya tinggal menambahkan atau menjumlahkan kedua nilai tersebut. Hasil dari penjumlahan tersebut adalah angka weton anda.

Loading...
Selanjutnya : Perkembangan Teknologi Komunikasi Dunia Modern
Sebelumnya: Perhatikan Tanda-Tanda Asam Lambung Naik Beserta Cara Mencegahnya Berikut Ini
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar