Negara dengan Angkatan laut Terkuat di Dunia


Kekuatan militer sangat menentukan keamanan dan kemandirian sebuah negara. Tak mengherankan bila setiap negara di dunia terus berlomba meningkatkan kekuatan angkatan perangnya.

Dalam kemiliteran biasanya tentara sebuah negara dibagi menjadi tiga bagian, yakni angkatan darat, angkatan laut dan udara. Berikut ini ulasan mengenai angkatan laut terkuat di dunia hingga saat ini.

Untuk menghitung kekuatan angkatan laut sebuah negara maka harus menimbang sejumlah faktor, seperti jumlah personel angkatan laut, anggaran militer/perang, kapal laut, sarana dan prasarana lain yang bisa digunakan untuk berperang di laut.

Tidak semua negara berusaha mengembangkan kekuatan angkatan lautnya, ada juga negara-negara yang tidak terlalu membutuhkan kekuatan militer di perairan. Semisal letak geografis negaranya yang memang jauh dari laut atau daerah pesisir.

China: Negara dengan Angkatan Laut Terkuat di Dunia

Kenapa China menjadi yang terhebat di perairan? Ada dua faktor yang membuat China kuat di lautan, yang pertama yakni jumlah unit (kapal perang, kapal selam, dan kapal induk) yang mencapai 975. Dan faktor yang kedua yakni jumlah angkatan perang China berada pada nomer satu dunia, total personel angkatan perang mencapai 2,3 juta orang.

Selain kedua faktor pendukung tersebut, ternyata China secara perlahan meningkatkan perekonomiannya hingga menguasai pasar perdagangan dunia. Tentu dengan ekonomi yang stabil akan berpengaruh pada peforma militer sebuah bangsa.

China berkepentingan untuk menjaga kawasan lautnya yang berada di sebelah timur. Karena itu China sebagai negara besar harus mendominasi pemetaan kekuatan di lautan Asia Pasifik.

Pentingnya Indonesia Menuju Negara Maritim yang Disegani

Selayaknya negeri kita dijaga oleh angkatan laut yang disegani oleh negara-negara dunia. Sebagian wilayah negeri kita terdiri dari perairan. Bila saja perairan itu tak dapat diamankan secara serius, maka tak aneh bila lautan Indonesia kerap kali dilanggar oleh negara lain atau nelayan liar.

Sejarah bangsa Indonesia masa dahulu menceritakan masa keemasan kerajaan Majapahit yang mempunyai armada laut paling tangguh. Dengan modal armada tangguh tersebut, sejumlah kerajaan kuno di Indonesia mampu memperluas wilayah kekuasaannya hingga ke luar.

Wilayah Selat Malaka merupakan area yang sangat strategis, sekaligus menjadi daerah yang vital bagi keamanan negara-negara ASEAN. Sebab itu negara Singapura dan Malaysia terus menguatkan armada lautnya. Dan sepertinya Indonesia tertinggal dari pesatnya capaian militer laut kedua tetangga tersebut.

Demikianlah ulasan singkat negara dengan angkatan laut terkuat di dunia, semoga negeri kita segera bangkit dan memiliki tentara yang tanggguh ditakuti negara-negara lainnya.

Selanjutnya : The Holy Pearl : Film Inuyasha Versi Manusia
Sebelumnya: Inilah Daftar Nama-nama Pantai di Batam
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar