Antibiotika 4 Golongan Sulfa


Anda tentu tahu apa itu antibiotika. Salah satu jenis antibiotika yang sering digunakan adalah antibiotika sulfa. Antibiotika 4 golongan sulfa atau yang sering juga disebut dengan Sulfanomida merupakan sebuah anti mikroba yang dapat digunakan untuk beberapa infeksi baik itu secara topikal maupun secara sistematis.

Sulfa ini ditemukan sekitar tahun 1955. Sebelum  antibiotik ditemukan, sulfa ini menjadi kemoterapi yang sering digunakan. Namun, kemudian penggunaan sulfa ini tergeser oleh antibiotik. Baru pada tahun 1970, setelah ditemukan sulfametokzal dan trimetoprim, sulfanomida banyak digunakan lagi.

Sulfanomida ini selain menjadi kemoterapi, juga digunakan sebagai antidiabetik oral dan diuretic.  Sulfa ini memiliki sifat bakteriostatik pada banyak jenis bakteri baik itu gran negatif maupun gram positif.  Sama halnya dengan antibiotika jenis lain, antibiotika jenis ini juga memiliki efek samping.

Efek samping yang akan ditimbulkan setelah mengkonsumsi antibiotik ini antara lain anemia, alergi, gangguan pada saluran kemih. Agar efek samping tersebut dapat dihindari, ada hal yang bisa Anda lakukan yaitu  memperbanyak minum air putih.

Jenis Sulfanomida

Sulfonamida ini dapat dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

• Trisulfa

Trisulfa ini biasanya digunakan pada penderita infeksi saluran pencernaan dan pernapasan. Efek samping yang akan terjadi dari antibiotik ini yaitu diare, muntah, gangguan darah dan kulit. Penggunaan obat ni sebaiknya dihindari oleh ibu menyusui dan ibu hamil.

• Kotrimoksazol

Kotrimoksazol adalah sebuah kombinasi dari sulfametoksazol dan trimetroprim. Perbandingannya 1 : 5. Kotrimoksazol ini biasanya diberikan pada penderita infeksi saluran kemih, bronchitis, tifoid, infeksi THT, shigellosis, dan antibakteri dengan spectrum yang luas. Efek samping dari penggunaan antibiotik ini antara lain mual, ruam, muntah, alergi, gangguan darah dan diare.

• Sulfacetamid

Antibiotik ini biasanya digunakan untuk obat tetes mata dan salep. Karena penggunaannya untuk obat luar, efek sampingnya jarang ditemui. Meskipun demikian, Anda tetap harus berhati-hati dalam menggunakannya.

Pengetahuan tentang antibiotik termasuk antibiotik 4 golongan sulfa ini memang sangat diperlukan untuk masyarakat luas. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi salah penggunaan serta penggunaannya sesuai dengan aturan yang berlaku.

Antibiotik memang berbeda dengan obat lain yang harus dihabiskan ketika seseorang mengkonsumsinya. Itulah sebabnya mengapa para dokter berhati-hati dalam memberikan obat ini pada pasiennya.

Selanjutnya : Menjadi Penulis Online
Sebelumnya: Prinsip Kerja Bel Listrik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar