Antropologi Ekonomi di dalam Kehidupan

Antropologi ekonomi merupakan salah satu kajian di dalam ilmu antropologi yang lebih menekankan pada suatu kondisi ekonomi yang terjadi di dalam masyarakat. Di sinilah terjadi suatu hubungan antara sosial budaya dan kehidupan masyarakat.

Untuk antropologi bidang ekonomi diharuskan suatu pendekatan yang terdiri dari pendekatan umum dan pendekatan spesifik. Pendekatan di sini lebih kepada pembahasan gejala ekonomi di dalam kehidupan sehari-hari dan juga bagaimana cara penyelesaian terhadap permasalahan pada antropologi bidang ekonomi.

Ilmu Antropologi

Dari sejarah asal mula antropologi bidang ekonomi ini adalah dari terjadinya gejala di dalam masyarakat terkait ekonomi di mana semua itu terjadi tidak bisa seluruhnya dikaitkan dengan faktor ekonomi. Bisa dilihat beberapa faktor seperti sosial budaya dan faktor non ekonomi akan akan menyebabkan kehidupan masyarakat bisa terpengaruh dari sisi kehidupan terutama ekonomi.

Di sinilah bisa dilihat adanya suatu hubungan antara kedua ilmu tersebut yaitu antropologi dan ekonomi. Ekonomi dari dasarnya adalah terkait dengan sumber daya, bisa sumber daya manusia ataupun sumber daya alam. Di sinilah ada suatu harapan agar bisa mengelola dengan sebaik-baiknya sehingga bisa berdaya guna dan memberikan keuntungan untuk kehidupan manusia.

Di dalam ekonomi terdapat banyak pilihan yang bisa menjadi alternative di dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia. Dengan pilihan-pilihan yang ada tersebut, bisa diperoleh suatu keputusan sehingga bisa ditarik adanya benang merah keterikatan antara memproduksi suatu barang dan pendistribusiannya di dalam kehidupan masyarakat.

Di dalam antropologi ekonomi inilah terutama di dalam masyarakat modern, bisa dilihat di mana pasar bisa memberikan pengaruh di dalam kehidupan bermasyarakat. Sedangkan di zaman dahulu pada saat masih tradisional yang berlaku adalah lebih kepada kekerabatan antara individu yang satu dengan yang lainnya.

Perilaku masyarakat di dalam ekonomi inilah yang pada akhirnya berpengaruh pada kondisi sosial budaya yang dimulai dari proses pembuatan suatu barang, kemudian mendistribusikannya dan pada akhirnya bagaimana barang tersebut bisa dikonsumsi dengan baik oleh masyarakat, baik barang ataupun jasa. Cakupan yang dibahas di dalam antropologi bdiang ekonomi adalah sebagai berikut.

  1. Peranan ekonomi di dalam kegiatan yang terjadi di dalam ekonomi yang pengaruhnya disebabkan oleh faktor ekonomi dan faktor non ekonomi.
  2. Di dalam kegiatan ekonomi harus tetap memperhatikan adanya kekerabatan.
  3. Di dalam kegiatan ekonomi harus tetap memperhatikan sistem tingkah lakuĀ  sosial yang tidak hanya bersifat resmi tetapi juga adat istiadat yang ada di masyarakat dan norma-norma yang diakui di masyarakat tersebut.

Tidak dapat dipungkiri pentingnya antropologi ekonomi di dalam kehidupan masyarakat. Dengan antropologi bidang ekonomi akan lebih membantu proses terciptanya ekonomi yang lebih baik di dalam kehidupan sehari-hari karena bagaimanapun juga semua itu tidak bisa dikesampingkan.

Loading...
Selanjutnya : Definisi Diabetes Melitus dan Pencegahannya
Sebelumnya: Bayi Lahir pada Pembukaan ke Berapa?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar