Apa Arti Bisnis Retail?


Apa arti bisnis retail? Sistem perekonomian yang semakin meningkat di zaman modern ini terus menuntut masyarakat Indonesia untuk aktif dalam meningkatkan kesejahteraannya.

Kesejahteraan yang dimaksud baik secara personal maupun kelompok sehingga muncul beragam jenis usaha yang dianggap bisa meningkatkan taraf perekonomian. Salah satu usaha tersebut adalah dengan dibukanya usaha retail.

Bisnis retail merupakan usaha penjualan sejumlah komoditi kepada konsumen. Usaha ini berasal dari Bahasa Perancis ‘Retailer’ yang berarti memotong menjadi kecil-kecil. Dengan kata lain, bisnis retail merupakan usaha yang secara langsung mengarahkan pemasaran komoditas untuk bisa memuaskan konsumen, serta memenuhi kebutuhan konsumen berdasarkan organisasi penjualan barang dan jasa yang menjadi intinya.

Bisnis Retail

Dalam Bahasa Inggris, istilah Retail berasal dari ‘Retailing’ yang berarti segala aktivitas yang di dalamnya terdapat kegiatan pemasaran barang dan jasa secara langsung kepada konsumen. Bisnis retail ini bisa digolongkan ke dalam beberapa klasifikasi berdasarkan aktivitas penjualan barangnya, yakni sebagai berikut :

1. Retail Kecil, yakni bsnis retail yang digambarkan sebagai usaha retail dengan penghasilan di bawah 5 juta per tahunnya. Dalam bisnis ini, orang yang bertanggung jawab atas segala aktivitas bisnis adalah pemilik retail itu sendiri;

2. Retail Besar, yakni industri retail yang dikuasai oleh organisasi besar seperti Departement Store, Organisasi berantai, Supermarket, Outline dan Online Store, Warehouse, dan Catalog Store. Beragam jenis produk, baik barang maupun jasa dijual atau diperdagangkan dalam bisnis besar ini.

Sementara itu, hal-hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis retail agar bisa berkembang dengan baik adalah sebagai berikut :

1. Lokasi yang Strategis. Dengan menemukan lokasi yang strategis, Anda bisa menentukan target market bisnis yang akan dijalankan. Hal ini berlaku untuk bisnis retail kecil maupun besar.

2. Kemampuan Beradaptasi. Yang dimaksud kemampuan beradaptasi di sini adalah kemampuan pemilik dan penjalan bisnis untuk tetap bertahan meskipun tidak langsung menunjukkan pemenuhan keuntungan sesuai dengan yang diharapkan. Dalam hal ini, sensitivitas pemiliki bisnis akan kebutuhan pelanggan juga menjadi sangat penting.

3. Kemampuan Memprediksi. Perusahaan retail yang baik akan mampu memprediksi kondisi psar dan jangkauan bisnisnya di masa yang akan datang sehingga berbagai rencana bisnis dapat dijalankan dengan baik.

4. Media dan Strategi Pemasaran. Kedua hal tersebut sangatlah penting untuk bisa memajukan suatu usaha. Tidak semua produk bisa dipasarkan hanya dengan melakukan satu cara atau dengan menggunakan satu media saja sehingga pebisnis retail harus memiliki kemampuan untuk menemukan sesuatu yang sifatnya inovatif sekaligus persuasif.

Demikianlah penjelasan mengenai apa arti bisnis retail beserta hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis tersebut.

Selanjutnya : Cara Mendapatkan Pekerjaan dengan Modal Ijazah SMA
Sebelumnya: Puisi Kahlil Gibran tentang Tuhan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar