Apa Arti Depnaker?


Apa arti Depnaker bagi para pencari kerja? Mengapa para pencari kerja harus berhubungan dengan Depnaker? Depnaker/Depnakertrans atau Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi adalah sebuah lembaga pemerintahan yang mengurusi tenaga kerja. Artinya sangat jelas, para pencari kerja atau para pencari tenaga kerja akan selalu berhubungan dengan Depnaker.

Jika Anda baru lulus sekolah atau kuliah dan memutuskan untuk bekerja, Anda bisa mendatangi kantor Dinas Tenaga Kerja yang umumnya berlokasi di tingkat kecamatan. Kantor inilah yang menjadi gudang info bagi para pencari kerja dan pencari para tenaga kerja.

Mungkin Anda sudah memutuskan untuk bekerja terlebih dahulu setelah lulus sekolah sebelum melanjutkan ke bangku kuliah. Mendatangi kantor Dinas Tenaga Kerja bisa menjadi salah satu langkah mendapatkan info untuk mencari pekerjaan yang tepat sesuai dengan keahlian Anda.

Selain bisa mendapatkan info mengenai pekerjaan, Anda pun bisa sekalian mendaftar sebagai calon pencari kerja resmi. Jika Anda sudah terdaftar, Anda akan mendapatkan kartu kuning sebagai identitas pencari kerja.

Balai Latihan Kerja

Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi memiliki Balai Latihan Kerja atau BLK. Umumnya BLK terdapat di kota-kota besar. Tugas dan fungsi dari Balai Latihan Kerja adalah mendidik para calon pekerja agar memiliki keahlian khusus sesuai dengan permintaan para pencari tenaga kerja atau perusahaan. Jika ditanya apa arti depnaker bagi para pencari kerja, tentu jawabannya arti dan peran depnaker sangat penting.

Dengan adanya program BLK yang diadakan oleh Depnakertrans memberi kesempatan bagi para pencari kerja untuk memiliki keahlian khusus sehingga saat mendapat pekerjaan bisa langsung mempraktikan keahliannya.

Balai latihan kerja ada yang dikelola oleh pemerintah ataupun swaswa. Biasanya, Balai Latihan Kerja yang dikelola oleh pemerintah memiliki program latihan kerja secara gratis. Namun, BLK yang dikelola swasta pun ada yang memberikan secara gratis ataupun berbayar.

Perluasan Kesempatan Kerja

Adanya Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi bertujuan untuk memberikan kesempatan kerja secara luas dan peningkatan pelayanan penempatan tenaga kerja serta untuk memberikan informasi pasar kerja dan bursa kerja. Meningkatkan hubungan secara industrial antara perusahaan atau pencari tenaga kerja dengan para pencari kerja.

Selain itu, Depnakertrans juga berfungsi untuk pengawasan ketenagakerjaan di Indonesia. Secara garis besar, apa arti depnaker sendiri sudah jelas. Yaitu departemen yang mengurusi tentang tenaga kerja yang bertujuan untuk mewujudkan tenaga kerja Indonesia yang berkualitas.

Selanjutnya : Desain Handphone Sony Ericsson Jenis Slide
Sebelumnya: Apa Doa Doa Setelah Solat Sunat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar