Memahami Apa Arti Kata Autis


Pernahkah Anda mendengar kata autis? Sudahkah Anda mengerti apa arti kata autis yang sering banyak diperbincangkan? Autis atau autisme merupakan kondisi yang dialami seseorang sejak lahir yang membuatnya kesulitan menjalin hubungan sosial. Salah satu ciri seorang anak yang dinyatakan autis adalah kesulitan berkomunikasi. Kesulitan inilah yang membuatnya terisolasi dari pergaulan. Selain itu, ciri lain seorang anak dinyatakan autis ialah memiliki perilaku atau emosi yang tidak normal. Misalnya, tidak dapat mengendalikan emosi saat marah atau tidak dapat lepas dari satu kegiatan.

Mereka juga cenderung memiliki pola main yang berbeda dengan anak lainnya. Anak autis sering mengabaikan peraturan yang telah disepakati. Obsesi yang berlebihan pada seseorang atau benda membuat mereka tidak mau lepas darinya. Gangguan lain yang sering terjadi pada anak autis ialah mengalami gangguan pada fungsi sensorik dan motoriknya. Saat Anda meminta seorang anak autis untuk mengambil sesuatu, mereka membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengambilnya karena adanya gangguan gerak dan berpikir. Banyak di antara anak autis yang tumbuh kembangnya tidak normal atau terlambat.

Hampir semua gejala di atas dapat terlihat saat anak belum memasuki usia 3 tahun. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan setiap perkembangan anak di masa emas pertumbuhannya. Ketika Anda mendapati balita belum mengalami pertumbuhan dan perkembangan seperti balita pada umumnya, jangan hanya menunggu itu terjadi. Segeralah memeriksakan kesehatan balita Anda.

Sebagian ahli memang menyimpulkan bahwa penyebab autisme adalah gen yang diturunkan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memeriksakan kesehatan pasangan yang hendak menikah. Sayangnya, hal ini sering kali disepelekan. Sebab lain yang disinyalir menjadi penyebab adalah stres yang dialami ibu selama mengandung. Bukan lagi mitos jika stres dapat memicu ketidaknormalan pada janin selain masalah gizi. Saat hamil juga penting bagi ibu untuk tidak melakukan diet (kecuali atas saran dokter). Kurangnya asupan gizi juga akan meningkatkan risiko anak anda menyandang autis. Selain itu, penggunaan obat-obatan semasa kehamilan juga perlu diwaspadai. Jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter kandungan sebelum Anda meminum obat apa pun, bahkan obat influenza sekalipun. Memahami benar apa arti kata autis merupakan hal yang penting sehingga hal-hal yang tidak diinginkan dapat dihindari.

Selanjutnya : Mengenang Masa Pemerintahan Raja Airlangga
Sebelumnya: Cara Berpidato Bahasa Inggris yang Baik Saat Lomba
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar