Apa Arti Kematian Manusia?


Apa arti kematian manusia? Pertanyaan ini selalu ada di benak manusia yang meyakini adanya Tuhan yang menciptakan mereka. Kematian adalah hal yang pasti akan dialami oleh semua makhluk yang bernyawa di muka bumi ini, baik hewan, manusia, tumbuhan, dan jin. Namun, kematian manusia memiliki arti yang berbeda dengan kematian lain seperti hewan dan tumbuhan.

Seperti yang kita ketahui, manusia adalah makhluk Tuhan yang paling sempurna dan memiliki akal pikiran yang dipadukan oleh hati nurani. Kematian sendiri memiliki arti yang berbeda-beda di setiap orang dan hal ini bergantung dari keyakinan masing-masing mengenai arti kematian itu sendiri. Kematian memiliki beberapa arti menurut sudut pandang dari pelbagai pihak.

Kematian Adalah Akhir

Beberapa orang menganggap kematian adalah akhir dari segalanya. Hal ini berarti orang yang yang telah meninggal berarti telah berakhir dan eksistensinya di dunia ini telah tiada lagi.

Mengapa mereka berkeyakinan seperti itu? Beberapa orang memiliki keyakinan semacam ini karena sudah merupakan budaya atau kepercayaan sejak zaman nenek moyang. Lalu apakah mati adalah akhir dari segalanya? Bagi orang yang memiliki agama yang kuat, tentu akan menjawab tidak.

Kematian Adalah Penantian

Bagi umat Islam, arti kematian manusia bukan merupakan akhir dari segalanya, melainkan adalah sebuah tahapan dalam kehidupan yang berupa penantian untuk kehidupan yang akan datang, yakni kehidupan yang kekal. Mati adalah suatu keadaan di mana ruh telah terpisah dari raganya dan ruh tak lagi dapat mempengaruhi raganya tersebut. Manusia yang mati akan memasuki alam kubur yang juga sering disebut dengan alam penantian.

Setelah hari kiamat terjadi, Tuhan akan membangkitkan manusia untuk mempertanggungjawabkan apa yang telah ia lakukan selama hidup di dunia. Setelah itu manusia akan melanjutkan kehidupan yang kekal, yakni di neraka atau surga.

Kematian Adalah Awal Reinkarnasi

Beberapa agama percaya bahwa kematian manusia bukan merupakan akhir dari segalanya, melainkan suatu tahapan untuk memulai reinkarnasi kehidupan baru. Apa sebenarnya yang disebut dengan reinkarnasi ini? Reinkarnasi adalah sebuah siklus kehidupan manusia.

Ketika manusia mati, maka manusia yang mati tersebut akan lahir kembali sebagai orang yang berbeda. Lalu apakah benar manusia yang mati akan bereinkarnasi sebagai orang lain di kehidupan berikutnya? Entahlah.

Arti kematian manusia ini akan kembali pada bagaimana orang memandang kematian itu sendiri. Kematian sendiri adalah hal yang paling dekat dan kita tak tahu kapan itu terjadi. Sampai di sini dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Apakah Teh Hijau Berbahaya untuk Kesuburan Wanita?
Sebelumnya: Cara Meracik Bumbu Oles Ikan Bakar Kalasan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar