Apa Fungsi Enzim Tripsin?


Apa fungsi enzim tripsin? Enzim tripsin mungkin terdengar asing. Sebelum membahas mengenai enzim tripsin, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa yang disebut dengan enzim tripsin, di mana enzim tripsin ini dihasilkan, dan di mana enzim tripsin ini bekerja.

Enzim tripsin adalah salah satu enzim yang berfungsi untuk membantu pencernaan manusia. Seperti yang kita ketahui, dalam sistem pencernaan manusia terdapat banyak enzim yang dihasilkan oleh tubuh dan masing-masing memiliki fungsi sendiri-sendiri. Beberapa enzim dalam pencernaan manusia yang banyak dikenal antara lain adalah enzim pepsin, renin, amilase, ptialin, lipase, erepsin, maltase, dan banyak lagi.

Secara umum, enzim-enzim dalam tubuh manusia ini memiliki sifat dan fungsi masing-masing yang terbagi menjadi tiga golongan, yakni sebagai katalisator (mempercepat reaksi), anabolisme (reaksi penyusunan), dan katabolisme (reaksi pemecahan). Enzim-enzim ini terdapat di alat-alat pencernaan manusia, sebut saja lambung, usus duabelas jari, mulut, dan banyak lagi.

Mengenal Enzim Tripsin

Setelah kita mengetahui secara umum enzim-enzim yang telah dijelaskan di paragraf di atas, kini kita akan membahas enzim tripsin. Enzim tripsin ini ini diketahui bekerja di usus dua belas jari. Dari mana enzim tripsin ini berasal?

Enzim Tripsin ini dibuat di organ tubuh lain yang disebut dengan pankreas. Pankreas sendiri tak hanya menghasilkan enzim tripsin, tetapi juga enzim lain seperti amilase dan lipase yang memiliki fungsi berbeda dari enzim tripsin.

Apa fungsi dari enzim tripsin ini? Secara umum, enzim tripsin ini memiliki fungsi mengubah pepton menjadi asam amino. Berkat fungsi dari enzim tripsin inilah protein yang masuk ke dalam tubuh dapat diserap dengan baik untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Ternyata fungsi enzim tripsin ini memang sangat penting bagi tubuh untuk penyerapan protein.

Kita sudah mengetahui apa fungsi enzim tripsin dan juga telah mengenalnya secara singkat. Sebenarnya tak hanya enzim Tripsin saja yang penting, tetapi semua enzim yang ada di dalam tubuh itu penting karena mengusung fungsi dan manfaat sendiri-sendiri yang cukup spesifik. Enzim Tripsin ini hanyalah salah satu dari banyak enzim yang ada dalam sistem pencernaan manusia. Pencernaan manusia memang cukup rumit untuk dipelajari, tetapi hal tersebut penting diketahui.

Sekarang sudah pahamkan apa itu enzim tripsin? Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Sejarah Kostum Bola Juventus yang Melegenda
Sebelumnya: Bisnis Kebun Sawit
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar