Apa Fungsi XAMPP?


Nama XAMPP tentu tak asing lagi bagi programmer. Pertanyaannya adalah apa fungsi XAMPP? Sebelum mengetahui fungsi XAMPP, alangkah baiknya kita mengenal software XAMPP terlebih dahulu. XAMPP adalah paket perangkat lunak yang merupakan singkatan dari X (yang berarti memiliki sifat cross-platform), A (webserver Apache), M (database MySQL), P (bahasa pemrograman PHP), dan P (bahasa pemrograman Perl).

Secara umum, XAMPP paket perangkat lunak yang terdiri atas beberapa perangkat lunak dalam sebuah paket yang memudahkan untuk instalasi. XAMPP terdiri atas webserver Apache, database MySQL, bahasa pemrograman PHP, bahasa pemrograman Perl, dan tool untuk administrasi database MySQL, yakni PHPMyAdmin. Paket software XAMPP ini sangat membantu programmer aplikasi, pengembang web, dan juga sangat membantu dalam proses pembelajaran, mengapa?

Pengguna tak perlu menginstall webserver dan database satu per satu, sehingga ukup praktis. Lalu, apa fungsi dari XAMPP bagi pengembang web? Pengembang web membutuhkan webserver, PHP, dan database untuk mengembangkan website dan hal ini telah dipenuhi kebutuhannya oleh XAMPP yang cukup praktis.

Apa Fungsi dari XAMPP Secara Umum?

Apa fungsi dari XAMPP secara umum? XAMPP secara umum memberikan solusi all in one yang praktis untuk kebutuhan webserver, database, PHP, dan Perl dalam satu paket instalasi. Webserver yang diusung oleh XAMPP adalah Apache yang sudah diakui kemampuan dan keandalannya.

Webserver ini berfungsi sebagai server web secara lokal agar pengembang web dapat menjalankan dan menguji coba website yang sedang dikembangkan. Sedangkan database MySQL yang juga terdapat dalam XAMPP adalah sebuah DBMS (Database Management System) yang andal dan banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar.

Database MySQL ini berfungsi untuk menampung data-data dan informasi dalam sebuah program atau website yang dikembangkan. Sementara PHP adalah bahasa pemrograman yang bersifat server-side yang banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis web maupun website dinamis. Perl sendiri juga merupakan bahasa pemrograman yang sampai saat ini masih banyak dipakai oleh programmer dalam membangun solusi era digital.

Sebelum kehadiran XAMPP, ada pula software yang mengusung fungsi yang sama dengan XAMPP, yakni PHPTriad. Sayangnya, pengembangan software aplikasi PHPTriad ini telah dihentikan dan saat ini PHPTriad saat ini sudah cukup tertinggal jauh dibandingkan XAMPP di sisi versi aplikasi yang dibawanya. XAMPP dapat di-download di situs resmi Apache Friends.

Itulah ulasan tentang apa fungsi XAMPP? Semoga bermanfaat!

Selanjutnya : Kumpulan Cerita Rakyat Menarik- Lutung Kasarung dan Timun Mas
Sebelumnya: Minat Manusia Terhadap Teknologi Komunikasi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar