Apa Gejala Penyakit Kalau Sering Sakit Perut Sebelah Kanan


Apa gejala penyakit kalau sering sakit perut sebelah kanan? Anda yang sering merasakan sakit perut sebelah kanan atas dan bawah atau sakit perut sebelah kanan dekat pinggang, mungkin bertanya-tanya apa nama penyakit perut sebelah kanan itu.

Gejala dan Diagnosis

Untuk mengetahui penyakit dengan gejala nyeri perut sebelah kanan, perlu diketahui penyebab dan sumber rasa sakit pada perut sebelah kanan tersebut. Mengenali lokasi yang tepat dari rasa sakit perut di sebelah kanan dapat membantu untuk mendiagnosis penyebab sakit di sebelah kanan perut dan cara mengatasinya.

Apa gejala penyakit kalau sering sakit perut sebelah kanan? Gejala seperti ini banyak dialami oleh siapa saja. Sakit pada perut bagian kanan dapat berasal dari gangguan yang timbul dari organ perut itu sendiri, namun bisa juga berasal dari organ lain yang terletak di daerah sekitar perut seperti tuba fallopi kanan pada wanita, ovarium kanan, ureter kanan, kantung empedu, ginjal kanan, dan hati.

Beberapa Penyakit

Tanda penyakit karena nyeri di perut kanan bawah umumnya mengarah pada beberapa penyakit berikut ini:
•    Maag sering dituding sebagai penyebab sakit perut bagian atas. Maag disebabkan oleh makanan-makanan, pola makan, dan stres yang memicu kelebihan produksi asam lambung.
•    Batu Empedu sering menimbulkan sakit parah di perut bagian kanan atas karena terjadi penyumbatan saluran empedu oleh kristal-kristal dari bilirubin atau kolesterol. Mengatasinya dengan obat-obatan hingga operasi.
•    Radang Usus Buntu/Apendisitis sering menyebabkan rasa sakit di sisi kanan perut bagian bawah. Usus Buntu harus segera diobati dengan operasi.
•    Batu Ginjal menimbulkan rasa sakit di sisi kanan bawah perut yang bisa menyebar ke punggung dan pangkal paha. Penanganan dengan pemberian obat-obatan dan operasi.
•    Radang Pankreas menimbulkan rasa sakit di sisi perut kanan atas hingga ke punggung. Penderita harus segera ditangani dengan rawat inap.
•    Hernia Hiatus  menyebabkan nyeri di sisi kanan atas perut karena penonjolan bagian dari lambung. Penyakit ini membutuhkan operasi pembedahan.
•    Kehamilan Ektopik terjadi karena implantasi telur yang dibuahi terjadi diluar rahim. Komplikasi pada kehamilan ini menyebabkan nyeri perut di bagian bawah. Kondisi ini membutuhkan tindakan pembedahan (kuretase).
•    Divertikulitis adalah gejala penyakit pada perut bawah sebelah kanan karena usus besar mengalami peradangan. Pengobatan dilakukan dengan konsumsi makanan berserat tinggi dan minum air putih.

Nah, semoga artikel ini membantu anda memahami apa gejala penyakit kalau sering sakit perut sebelah kanan. Jika rasa sakit cukup sering anda rasakan, sebaiknya anda segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis sebelum penyakit semakin parah. Selalu terapkan pola hidup sehat karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Selanjutnya : Daftar Nama Kampus di Jakarta
Sebelumnya: Pengertian Nabi dan Rasul serta Perbedaannya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar