Apa Isi Kandungan Sila 5 Pancasila?


Apa isi kandungan sila 5 Pancasila? Akhir-akhir ini banyak generasi muda saat ini yang tidak mengetahui isi kandungan atau nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Generasi muda saat ini dinilai telah luntur semangat nasionalismenya, sehingga kurang tertarik untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai isi kandungan atau nilai yang terdapat pada sila 5 Pancasila yang berbunyi “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”.

Isi Kandungan Sila Kelima Pancasila

Secara umum, Pancasila sila kelima ini memiliki beberapa nilai yang terkandung di dalamnya, antara lain adalah nilai untuk saling menghargai antara satu sama lain, nilai menghormati hak-hak orang lain, nilai untuk menolong sesama manusia, saling membantu dan melakukan pekerjaan berama-sama yang berguna bagi kepentingan bersama, nilai agar kita selalu bersikap adil terhadap sesame, dan tak ada diskriminasi bagi suku atau golongan tertentu untuk mendapatkan keadilan.

Jika isi kandungan sila ke-5 Pancasila ini benar-benar diterapkan degan baik, tentu negara Indonesia ini menjadi negara yang damai, aman, tenteram, dan adil.

Saat ini, banyak generasi muda yang telah melupakan Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Hal ini berdampak pada makin sedikitnya generasi di negara ini yang mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Isi kandungan sila ke-5 Pancasila ini mengajarkan kita untuk saling tolong menolong terhadap sesama yang sedang tertimpa musibah atau orang lain yang membutuhkan pertolongan. Pancasila sila ke-5 ini juga mengajarkan kita agar menghormati dan menghargai orang lain. Alangkah indahnya negeri ini jika penduduknya saling menghargai satu sama lain, tenggang rasa, dan tentu saja jika hal ini diamalkan, Indonesia akan menjadi negara yang damai dan tak akan terjadi konflik.

Apa isi kandungan sila 5 Pancasila ini yang lain adalah bersikap adil dan tidak diskriminatif terhadap suku, golongan, ras atau agama tertentu. Saat ini, keadilan di negeri ini bisa dibilang sebuah barang yang langka karena banyak yang tak lagi bersikap adil dan hanya memenuhi kepentingan atau kebutuhannnya sendiri. Pancasila sila 5 ini memiliki nilai dan kandungan yang amat mulia dan seharusnya semua yang merasa sebagai bangsa Indonesia harus memahami dan mengamalkannya. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Bisnis Kebun Singkong
Sebelumnya: Dampak Mengonsumsi Makanan Kaleng yang Rusak bagi Kesehatan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar