Apa Isi Museum Gajah


Apa isi museum Gajah? Tentu pertanyaan inilah yang terlontar ketika kita mendengar nama museum Gajah. Kita pasti membayangkan isi museum Gajah adalah koleksi gajah yang diawetkan dari berbagai spesies, termasuk leluhurnya yang disebut dengan Mammoth. Mungkin juga kita membayangkan isi museum Gajah ini adalah koleksi aneka macam bentuk gading gajah atau bagian-bagian tubuh gajah. Namun, semua itu salah karena yang dimaksud museum Gajah ini adalah museum Nasional yang berlokasi di Jalan Merdeka Barat, Jakarta.

Museum Gajah ini terletak di sebelah barat tugu yang cukup populer di Indonesia, Monumen Nasional alias Monas. Lalu mengapa museum Nasional ini sering disebut dengan museum Gajah? Museum Nasional ini ternyata sering disebut museum Gajah karena di museum tersebut terdapat sebuah patung gajah yang terbuat dari bahan perunggu. Patung gajah tersebut tersebut adalah hadiah dari Raja Thailand yang bernama Chulalongkorn pada tahun 1871.

Berdasarkan keterangan yang ada di paragraf di atas, tentu kita tahu bahwa isi museum Gajah ini ternyata bukan koleksi gajah yang diawetkan atau koleksi gading gajah. Selain terdapat patung gajah yang merupakan hadiah dari Raja Thailand, museum Nasional ini juga terdapat patung sapi dan juga meriam yang telah tertata sedemikian rupa. Sementara di bagian dalam museum Nasional atau museum Gajah ini terdapat berbagai arca atau patung peninggalan masa lalu yang memiliki nilai historis atau sejarah yang cukup tinggi.

Di museum Gajah ini ada sebuah koleksi arca yang cukup terkenal dibandingkan koleksi arca lain, yakni arca Bhairawa. Apa keistimewaan arca Bhairawa ini dibandingkan dengan arca lainnya? Keistimewaan arca ini terdapat pada nilai historis dan ukurannya yang mencapai 4 meter. Uniknya, museum Nasional atau museum Gajah ini terdapat sebuah taman yang berisi banyak arca yang berukuran kecil dan taman ini terkenal dengan sebutan taman arca.

Tak hanya itu, isi museum Gajah ini tak sebatas arca saja, tapi juga terdapat sebuah ruang yang berisi miniatur rumah adat yang dimiliki oleh suku-suku yang ada di seluruh pelosok Indonesia. Museum Nasional atau museum Gajah ini juga terdapat sebuah ruang yang berisi alat musik tradisional, yakni gamelan. Penasaran? Silahkan kunjungi museum Nasional atau museum Gajah.

Selanjutnya : Jenis Senjata Yang Dipakai Perang Usa
Sebelumnya: Deskripsi Nama Nama PT Anak Perusahaan Agung Podomoro
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar