Apa itu Abstrak dalam Paper, Bagaimana Cara Menulisnya?


Pengertian apa itu abstrak dalam paper bisa ditinjuai dari posisinya. Abstrak sendiri adalah informasi singkat yang disampaikan dalam laporan atau karya tulis ilmiah (paper). Karya tulis ilmiah ini bisa berupa tulisan berbentuk skripsi, tesis, maupun disertasi. Menurut jenisnya, abstrak dibedakan menjadi dua macam; abstrak indikatif dan abstrak informatif.

Jenis

Abstrak indikatif menyajikan informasi padat tentang karya tulis ilmiah atau laporan penelitian yang telah dikerjakan. Abstrak ini sekadar sajikan informasi ke pembaca tanpa memadatkan materi aslinya. Sedangkan, abstrak informatif menyajikan informasi lengkap dan mendetail. Abstrak ini seperti karya tulis itu sendiri, namun dalam bentuk mini. Jika pembaca ingin mendalaminya bisa membaca tulisan aslinya.

Penulisan

Abstrak miliki aturan dalam tata cara penulisannya yang harus ditaati oleh penulis karya tulis ilmiah. Namun, kadang aturan penulisan abstrak khususnya, dan penulisan karya tulis umumnya, di sejumlah institusi berbeda. Disarankan untuk membaca buku panduan terkait yang biasanya disediakan di lembaga yang bersangkutan.

  • Abstrak terdiri atas 200 hingga 300 kata. Disajikan dengan singkat, padat, dan jelas serta terkandung dalam 7 hingga 10 paragraf.
  • Judul abstrak (ABSTRAK) ditulis menggunakan huruf besar (kapital) dengan posisi tengah (rata tengah) di bagian atas tanpa titik.
  • Abstrak memuat masalah, tujuan, materi, metode, hasil, dan kesimpulan. Abstrak tidak memuat pembahasan atau hasil interpretasi penulis.
  • Abstrak miliki panjang maksimal satu halaman kuarto (A4). Dalam pengetikannya menggunakan font standar Times New Roman dengan ukuran 12 pt.

Sifat

Abstrak memiliki beberapa sifat umum. Sifat-sifat ini terkandung dalam sebuah abstrak yang digunakan untuk kepentingan apa pun, baik itu skripsi, tesis, disertasi, laporan ilmiah, atau jurnal ilmiah.

  • Abstrak bersifat utuh atau berdiri sendiri. Abstrak terpisah dari tulisan utama.
  • Abstrak yang menggunakan sedikit kata harus sarat makna. Abstrak bukan pula tulisan yang disalin tempel dari tulisan utama.
  • Abstrak mengandung informasi yang jelas, cepat ditangkap pembaca, dan tidak membingungkan. Ini berarti memerlukan organisasi kalimat yang baik untuk mengalurkan informasi.
  • Abstrak miliki rangkaikan kalimat yang terangkai dengan baik. Ini perlu, sebab abstrak miliki sifat sangat singkat. Tujuannya jelas, agar pembaca bisa mudah memahaminya.

Demikian sedikit informasi apa itu abstrak dalam paper dan penjelasan jenis, sifat, dan bagaimana penulisannya. Semoga membantu Anda yang kebetulan sedang menyusun sebuah karya tulis atau laporan penelitian ilmiah.

Selanjutnya : Cara Membuat Keripik Jamur Tiram yang Enak, Gurih dan Sehat
Sebelumnya: Cara Membuat Daftar Rujukan dari Jurnal
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar