Apa Itu Aerobik?


Apa itu aerobik? Jika seseorang diberikan pertanyaan tersebut, tentu ia akan membayangkan sebuah gerakan senam. Ya, aerobik merupakan sebuah senam dengan beberapa rangkaian gerak yang diiringi musik yang disesuaikan dengan gerakannya. Aerobik di sini mengandung arti sebagai latihan yang memiliki tujuan agar oksigen dapat masuk ke dalam tubuh dengan optimal.

Senam aerobik jika dilakukan dengan teratur akan membantu kinerja paru-paru dan jantung.

Senam aerobik ini lekat dengan para wanita, khususnya ibu-ibu muda. Apalagi, jika ibu-ibu muda ini sudah pernah melahirkan. Biasanya, mereka akan melakukan senam aerobik untuk mengembalikan bentuk tubuh dan menurunkan berat badan.

Ada beberapa manfaat aerobik yang bisa didapatkan jika seseorang melakukannya dengan teratur, antara lain menguatkan paru-paru dan jantung, melatih otot, melenturkan tubuh, dan menjaga bentuk tubuh.

Dalam melakukan senam aerobik ini, ada tiga tahapan yang harus dilakukan secara runut, antara lain:

  • Tahapan pemanasan. Pemanasan dilakukan agar denyut jantung meningkat dengan perlahan. Selain itu, dengan pemanasan otot-otot juga akan lebih siap ketika digunakan untuk senam sehingga akan menghindari dari cedera. Pemanasan juag dilakukan untuk meningkatkan suhu tubuh dan cairan dalam tubuh. Pada tahapan ini, music yang dilakukan agak nge-beat.
  • Tahapan inti. Gerakan inti ini biasanya diiringi oleh musik yang lebih cepat. Gerakan dalam tahapan inti ini berguna untuk meningatkan kekuatan otot tubuh juga melatih koordinasi antara anggota tubuh yang satu dengan yang lainnya.
  • Tahapan pendinginan. Pendinginan dilakukan untuk mengemabalikan denyut jantung dan suhu tubuh kembali normal. Gerakan dalam tahapan ini akan lebih lambat dari gerakan pemanasan dan inti.

 

Senam aerobik ini dikelompokkan dalam beberapa katagori yaitu low impact, high impact, discorabis, rockrabi, aerobic sport, aerobic dance,  dan aerobik yang menggunakan alat, seperti tali, bangku, kursi, dan sebagainya.

Itulah sedikit informasi tentang apa itu aerobik. Semoga dapat menambah pengetahuan Anda tentang olahraga senam aerobik. Jaga selalu kesehatan dengan berolahraga dan melakukan pola hidup sehat.

Selanjutnya : Hati Hati VCC Murah
Sebelumnya: Mengapa Manusia Perlu Menerapkan Pembangunan Berkelanjutan?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar