Fenomena Apa Itu Black Hole di Angkasa Luar


Black hole atau jika diterjemahkan secara bebas berarti lubang hitam adalah fenomena yang terjadi di alam semesta. Lubang hitam adalah sebuah lubang di alam semesta dengan warna hitam. Ada yang mengatakan lubang hitam adalah sebuah bintang yang tidak bercahaya. Kita sering bertanya-tanya apa itu black hole dan peranannya dalam kehidupan semesta ini?

Istilah black hole pertama kali diungkapkan pertama kali oleh fisikawan dari Amerika, yaitu John Wheeler. Pada awalnya, pendapat umum mengatakan bahwa semu bintang di angkasa dapat kita lihat sebab semua bintang bercahaya. Ternyata, hal tersebut tidak benar sebab ada sekumpulan bintang yang tidak dapat dilihat. Kelompok bintang ini cahayanya tidak dapat menerobos dan sampai ke bumi.

Bintang tidak dapat meneroboskan cahayanya ke bumi sebab berada pada sebuah lubang yang massa kerapatannya tinggi dan gravitasinya mampu menyerap foton atau partikel cahaya. Cahaya terperangkap dalam medan gravitasi tersebut sehingga terlihat hitam. Kondisi seperti itulah yang kita sebut sebagai lubang hitam atau black hole.

Fenomena Lubang Hitam

Seperti telah kita ketahui, bintang selalu dapat memancarkan cahaya hingga ke bumi. Akan tetapi, karena adanya sekelompok bintang  yang berada di dalam sebuah daerah dengan gaya gravitasi yang sangat tinggi sehingga mampu menyerap cahaya, maka bintang tersebut tidak mampu memancarkan cahaya hingga ke bumi. Cahaya tersebut terperangkap dalam lubang tersebut dan kita tidak dapat melihat cahaya bintang tersebut.

Bintang diindikasi sebagai sesuatu yang dilahirkan, hidup, dan kemudian mati. Bahwa setiap bintang mempunyai batas waktu untuk hidup. Setelah bintang memancarkan cahayanya dalam interval waktu tertentu, maka akan kehilangan energinya sehingga nyala apinya padam. Selanjutnya, bintang yang apinya padam tersebut mengalami keruntuhan sehingga membentuk lubang dengan diameter sekitar 20 km.

Bintang yang telah padam dan mengalami keruntuhan tersebut selanjutnya menjadi kelompok bintang hitam dengan kekuatan gravitasi yang sangat tinggi. Itu dinamakan lubang hitam sebab runtuhannya berupa lubang dan gelap. Oleh karena itu, disebut dengan lubang hitam atau black hole.

Jika memperhatikan fenomena apa itu black hole, setidaknya kita dapat mengatakan bahwa di alam semesta akan semakin banyak black hole. Hal tersebut terkait dengan batas kehidupan dari bintang-bintang di angkasa luar.

Selanjutnya : Langkah Efektif Bagaimana Cara Menghilangkan Jerawat
Sebelumnya: Apa Itu Android dalam Teknologi Komunikasi Seluler?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar