Tahukah Apa itu Ekologi dan Ekosistem

Tahukah Anda tentang apa itu ekologi dan ekosistem? Istilah ekologi dan ekosistem tidak begitu asing saat kita masih mengenyam bangku sekolah dasar hingga menengah atas. Untuk mengingat kembali tentang istilah ekologi dan ekosistem beserta pengertiannya secara lebih mendalam, simaklah penjelasan berikut ini.

Pengertian Ekologi dan Ekosistem

Istilah ekologi dan ekosistem memiliki perbedaan arti yang tidak begitu jauh. Jika dilihat dari segi pengertian dari apa itu ekologi dan ekosistem sebenarnya memiliki unsur keterkaitan antara kedua istilah tersebut.

Pengertian ekologi merupakan suatu ilmu yang digunakan untuk mempelajari terjadinya interaksi di dalam ekosistem. Dengan demikian, pengertian ekologi adalah suatu ilmu yang digunakan untuk mempelajari hubungan atau interaksi antar sesama makhluk hidup beserta dengan hubungan atau interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya.

Pengertian lingkungan dalam hal ini merupakan semua yang terdapat di bagian luar makhluk hidup. Pada ekologi akan dipelajari tentang makhluk hidup yang berfungsi sebagai kesatuan atau sebagai sistem di dalam lingkungannya.

Pengertian ekosistem adalah suatu interaksi atau hubungan antara komunitas dengan lingkungannya yang ada di bumi, sehingga akan tercipta hubungan yang erat antara makhluk hidup dan lingkungan di dalam ekosistem. Dengan demikian antara istilah ekologi dan ekosistem memang masih erat sekali hubungannya.

Komponen Penyusun Ekosistem

Ekosistem memiliki dua komponen penyusun yaitu komponen biotik dan abiotik. Komponen biotik  merupakan komponen yang terdiri atas makhluk hidup yaitu manusia, hewan dan tumbuhan. Sedangkan komponen abiotik adalah semua komponen yang tidak hidup di alam semesta yaitu seperti air, udara, tanah, bebatuan, cuaca, sinar matahari, angin, iklim, gaya gravitasi, suhu dan lain sebagainya.

Pada suatu ekosistem yang terjadi, setiap makhluk hidup memiliki peranan masing-masing. Berikut ini akan dijelaskan tentang peranan dari masing-masing makhluk hidup atau organisme di dalam ekosistem yaitu sebagai berikut:

a.  Makhluk hidup berperan sebagai produsen

Makhluk hidup yang berperan sebagai produsen merupakan makhluk hidup yang dapat membuat makanan sendiri sehingga dapat menyusun suatu senyawa organik. Organisme yang dapat membuat makanan sendiri disebut dengan organisme autotrof. Tumbuhan merupakan satu-satunya organisme autrotof di dalam ekosistem.

b.  Makhluk hidup berperan sebagai konsumen

Makhluk hidup yang berperan sebagai konsumen merupakan makhluk hidup yang tidak bisa membuat makanan sendiri dan disebut sebagai organisme heterotrof. Makhluk hidup yang berperan sebagai konsumen dapat dibedakan menjadi konsumen pertama, kedua, ketiga dan seterusnya. Sedangkan istilah dari dekomposer merupakan suatu organisme yang berfungsi sebagai pengurai.

Demikian informasi yang berkaitan dengan apa itu ekologi dan ekosistem. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Anda tentang ekologi dan ekosistem.

Loading...
Selanjutnya : Apa Benar Pasir Putih Pantai Pangandaran Terpanjang Se-Asia?
Sebelumnya: Cara Lengkap dan Keuntungan Vegetarian
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar