Apa itu Honor?


Honor secara harfiah diartikan sebagai upah kerja. Apa itu honor? Dalam kamus Bahasa Indonesia, honor diterjemahkan secara singkat sebagai imbalan upah jasa. Sementara dalam Bahasa Inggris kata honor diserumpunkan ke dalam respect, honor, reverence, regard, revere, tribute.

Ini sebenarnya lebih kepada penghargaan pengakuan bukan kepada pemberian materi (uang). Tetapi, seiring berjalannya waktu tentulah tidak bijak dan bajik tanpa memberikan honor dalam bentuk materi. 
Pernah dengar istilah penulis honorer atau tenaga honorer? Maksudnya secara hierarki manajemen perusahaan suatu badan atau jawatan seseorang tidak tercantum dalam struktur tetapi ia menerima honor. Seseorang yang dianggap honorer tidak memiliki keterikatan tetapi memiliki tanggung jawab sama seperti pekerja.

Contoh sederhana tenaga honorer di penerbit buku. Kerjanya seperti karyawan penerbit. Ia menyunting, menyeting, proof reading, marketing, administrasi database, percetakan, dan lain sebagainya. Biasanya perusahaan penerbitan menyewa honorer karena sedang mengejar target penyelesaian penerbitan buku.

Selain itu, ada pula istilah honorarium yang artinya upah di luar gaji. Sebenarnya antara honor, honorer, dan honorarium sama saja. Sama-sama menerima uang dan mungkin pula sejumlah bintang penghargaan seperti yang diterima para guru, bidan, dokter, wartawan serta profesi lainnya yang kesemuanya itu diperuntukkan sebagai pengabdian kepada masyarakat banyak.

Sering menjadi persoalan yang kontradiktif. Terkadang seorang karyawan yang sudah mendapatkan gaji tetap, tetapi ia pula masih mendapatkan honor. Apakah honor ini termasuk/termaktub dalam Undang-undang sebagaimana UMR (upah minimun regional)? Apakah honor memiliki standar? Samakah honor dengan tarif?

Perusahaan yang memberikan honor umumnya bergerak di bidang industri kreatif seperti manajemen artis, wedding organizer, production house, EO, jasa penulis konten ternama di Kota Bandung semisal Re! Media Service yang sudah memiliki networking penulis di seluruh kota-kota besar di Indonesia.

Honor dalam kacamata spiritual adalah pundi pahala. Himpunan tetes-tetes kebajikan inilah yang membuahkan kebaikan berwujud rezeki, kesehatan, keluarga rukun, keselamatan, dan terbukanya pintu kemakmuran.

Jangan menyepelekan honor kecil. Justru dari sinilah semuanya bermula. Apa itu honor? Anda sendiri yang menentukannya. Anda bisa mendapatkan honor wajar dan honor besar. Semua tergantung kesepakatan bersama antara kedua belah pihak.

Selanjutnya : Apa Itu Penyakit Autistik?
Sebelumnya: Cara Menghilangkan Pengaruh Obat-obatan Terlarang
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar