Apa itu Islam Sunni?


Apa itu Islam Sunni? Tentunya kita umat Islam sering mendengar istilah Islam Sunni dan Islam Syi’ah, atau mungkin telah menjadi pengikut dari salah satu aliran dalam agama Islam ini. Lalu apa sebenarnya Islam Sunni? Apa perbedaannya dengan Islam Syi’ah? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pengertian dari Islam Sunni dan beberapa perbedaannya dengan Islam Syi’ah.

Islam Sunni merupakan golongan umat Islam yang kerap disebut dengan Ahlussunnah bal Jama’ah atau Ahlussunnah. Golongan Islam Sunni ini mengakui 4 kekhalifahan dalam Islam setelah Rasulullah SAW meninggal dunia, yakni Abu Bakar, Umar bin Khattab, Ustman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib.

Hal inilah yang mendasari perbedaan antara Islam Sunni dengan Islam Syi’ah. Islam Syi’ah hanya mengakui kekhalifahan Ali bin Abi Thalib saja, sedangkan ketiga sahabat nabi lain seperti Abu Bakar, Umar bin Khattab, dan Ustman bin Affan tidak diakui sebagai khalifah.

Berdasarkan penjelasan paragraf di atas, tentu kita sudah mendapatkan sedikit gambaran mengenai apa itu Islam Sunni dan perbedaannya dengan Islam Syi’ah. Selain perbedaan pengakuan mengenai kekhalifahan, terdapat perbedaan pula mengenai Aisyiah yang merupakan istri Rasulullah SAW.

Golongan Islam Sunni menghormati dan memuliakan Aisyiah, sedangkan golongan Islam Syi’ah justru sebaliknya. Selain perbedaan mengenai pengakuan kekhalifahan dalam Islam, juga terdapat sedikit perbedaan ajaran atau pengamalan Islam antara golongan Sunni dan Syi’ah. Terlepas dari perbedaan yang ada pada Islam Sunni dan Syi’ah, hendaknya kita tetap menghormati dan menghargai hal tersebut.

Jangan sampai hanya karena perbedaan yang ada pada Sunni dan Syi’ah menjadi penyebab perpecahan di tubuh umat Islam. Di beberapa negara memang sempat terjadi konflik antara golongan Islam Sunni dengan Islam Syi’ah. Hal ini sangat disayangkan, kita seharusnya saling mendukung dan bukan bermusuhan.

Kita telah mengetahui apa itu Islam Sunni berdasarkan penjelasan di paragraf di atas. Saat ini jumlah penganut Sunni kurang lebih 90% dari seluruh umat muslim yang ada di dunia. Sedangkan penganut Syi’ah hanya sekitar 10% saja dari seluruh umat Islam di dunia. Iran adalah negara yang mayoritas penduduknya adalah Islam Syi’ah. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Mengetahui Beberapa Peralatan Perang Israel
Sebelumnya: Khasiat Campuran Teh Panas dan Jeruk Limau
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar