Apa Itu Khalifah di Muka Bumi : Pengertian Khalifah di Muka Bumi


Apa itu khalifah di muka bumi? Dalam artikel ini, akan dibahas sedikit tentang khilafah tersebut. Selamat membaca. Ketika Allah akan menciptakan Adam, Allah berfirman,

Apa Itu Khalifah di Muka Bumi

Makna dari kalimat “Khalifah di muka bumi” adalah bahwa Allah hendak menjadikan di antara para mereka adalah para Nabi, para Rasul, dan para Wali. Tujuan dari penciptaannya itu tidak lain adalah agar mereka bisa menjadi pemimpin di antara yang lainnya untuk menuju kebaikan.

Karena kelemahan manusia di muka bumi ini adalah nafsu. Banyak sekali yang tidak dapat memerangi hawa nafsunya sehingga mereka saling bermusuhan, saling menyakiti, dan saling meniadakan atau membunuh. Semua tidak lain karena nafsu.

Nafsu amarah, nafsu memiliki harta benda, nafsu memiliki suami ganteng, nafsu memiliki istri cantik, nafsu memperoleh kedudukan tinggi, nafsu ingin selalu dihargai dan dijunjung tinggi, nafsu makan enak, hidup enak, dan nafsu-nafsu yang lainnya.

Dari semua yang berasal dari nafsu tersebut, manusia seringkali lalai. Manusia hanya berusaha keras untuk memenuhi nafsunya. Segala yang dilakukannya hanya demi kesenangannya. Jika ada yang menghambatnya apa yang menjadi keinginannya, maka tidak segan-segan mereka akan berbuat keji. Saling melukai satu dengan yang lainnya. Melukai perasaan, maupun melukai secara fisik. Perbuatan jahat yang mereka lakukan hanya bertujuan untuk memenuhi apa yang menjadi keinginannya.

Untuk itu mereka membutuhkan seorang pemimpin dalam meluruskan jalannya. Mereka membutuhkan pembimbing agar selalu bertindak di jalan yang benar. Mereka butuh penasehat, agar selalu terhindar dari perbuatan buruk atau jahat. Mereka membutuhkan petunjuk agar terhindar dari jalan yang sesat sehingga bisa kembali kepadanya, yaitu Allah Swt.

Jadi, makna bahwa Allah akan menjadikan manusia sebagai khalifah di bumi adalah hendak menciptakan suatu kaum yang akan menggantikan kaum yang lainnya, dari waktu ke waktu, dari generasi ke generasi, yang mampu menjadi penuntun bagi yang lainnya, yang mampu mengajak yang lainnya untuk selalu berbuat kebajikan, yang mampu hidup sesuai fitrahnya sebagai makhluk Allah yang hanya menyembah kepadanya, dan yang selalu menjauhi segala larangannya dan selalu menjalankan apa yang menjadi perintahnya.

Pertanyaan di awal tadi tentang apa itu khilafah di muka bumi sudah terjawab pada uraian di atas. Semoga informasinya bermanfaat.

Selanjutnya : Membentuk Perilaku Individu untuk Menjadi Pribadi yang Baik
Sebelumnya: Mengenal Perhitungan Hari Jawa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar