Apa Itu Komunikasi Suara


Apa itu komunikasi suara? Semua bentuk komunikasi yang menggunakan kata-kata yang diucapkan dengan intonasi tertentuk dan dengan sikap tubuh tertentu, itulah yang dikatakan komunikasi suara. Komunikasi suara ini tidak harus dilakukan berhadapan secara langsung. Dengan fasilitas telepon atau fasilitas lainnya yang memungkinkan orang lain mendengar dan mengerti maksud dari perkataan yang dilontarkan.

Komunikasi Suara yang Baik

Memahami apa itu komunikasi suara bisa membuat orang berusaha menjadi seorang penutur yang baik. Pada dasarnya tidak ada satu orang pun yang mau bermasalah dalam berkomunikasi dengan orang lain. Hati panas, darah mendidih ketika mempunyai masalah. Namun, kalau akhirnya terjadi juga, kesalahpahaman itu seharusnya diselesaikan dengan baik.

Jika tidak bisa bertemu secara langsung, bisa melalui telepon. Ada kalanya salah satu pihak tidak mau menerima uluran yangan perdamaian. Jika ini yang terjadi, komunikasi suara itu pun tidak bisa dilakukan. Biarkan dahulu hingga emosi mereda dan bisa berpikir secara jernih. Setelah itu, tawarkan lagi untuk berkomunikasi dan saling mengutarakan apa yang ingin disampaikan.

Contoh Komunikasi Suara

Contoh komunikasi suara yang cukup sering terjadi adalah komunikasi suara dalam keluarga. Hanya keluarga yang menerapkan cara-cara berkomunikasi suara yang baiklah yang akan merasakan kebahagiaan sesungguhnya dalam keluarga. Harus ada anggota keluarga yang mampu mendamaikan perselisihan yang mungkin terjadi di antara anggota keluarga.

Misalnya, ketika istri curiga suaminya berbohong, ada baiknya suami memberikan bukti secara otentik bahwa ia tidak berbohong. Jika suami tidak mampu memberikan bukti yang menguatkan perbuatannya, maka istri akan terus merasa dibohongi. Nada suara istri biasanya akan meninggi. Jika suami melayani dengan nada tinggi juga, pertengkaran pun tidak akan terhindarkan.

Begitu juga ketika orangtua menasihati anak-anaknya. Kalau nada tinggi yang terdengar, emosi pasti akan mudah sekali tersulut. Untuk itu, harus ada kesadaran masing-masing penutur untuk mendinginkan suasana dengan tidak menggunakan nada tinggi. Kalau akan menyelesaikan masalah, sebaiknya duduk bersama dan utarakan apa yang terpendam dalam dada. Jangan disembunyikan karena tidak ada orang yang mampu membaca pikiran orang lain dengan sangat efektif.

Anak Mencontoh Orangtua

Bagaimanakah membuat generasi yang mampu menjadi seseorang yang paham berkomunikasi suara yang baik? Orangtua mempunyai peranan yang sangat penting. Anak akan mencontoh cara orangtuanya berkomunikasi. Kelembutan akan menular. Begitu juga dengan gaya kasar dalam berkomunikasi. Jadi, apa itu komunikasi suara harus dipelajari sejak dini.

Selanjutnya : Pembuatan Surat - Alasan Surat Niaga
Sebelumnya: Alasan Lagu Cinta Selalu Menarik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar