Apa Itu Leukemia?


Apa itu Leukemia? Tentunya kita tak asing lagi dengan istilah penyakit leukemia atau yang sering disebut dengan kanker darah ini. Leukemia atau yang sering disebut kanker darah ini adalah salah satu jenis penyakit kanker pada sel darah putih.
Pada orang normal, sel darah putih berfungsi sebagai alat imun atau pertahanan tubuh dari serangan penyakit dan infeksi, serta diproduksi dalam jumlah yang terkontrol. Pada penderita leukemia, sel darah putih ini disebut sel leukemia yang diproduksi oleh sumsum tulang dalam jumlah yang tak terkontrol dan terus mendesak keberadaan sel-sel yang normal.

Leukemia Menurut Asal Kata

Nama leukemia sendiri berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti darah putih. Klasifikasi leukemia ini antara lain adalah leukemia akut dan leukemia kronik, di mana perbedaan keduanya ada pada kecepatan peningkatan jumlah sel leukemia yang diproduksi. Leukemia akut sangat tidak normal dan kondisi penderita akan cepat memburuk, sedangkan leukemia kronik lebih bersifat perlahan-lahan.

Kita telah mengetahui apa itu leukemia berdasarkan penjabaran di paragraf di atas, lalu apa gejala leukemia? Semua penyakit pasti menimbulkan gejala, begitu juga dengan kanker darah atau leukemia. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit leukemia berbeda-beda tergantung kondisi tubuh penderita.

Namun, ada gejala umum leukemia yang patut diwaspadai, antara lain adalah sakit kepala, pucat, merasa lemah, dan selalu capek, sering mengalami infeksi, demam, atau berkeringat pada malam hari, mudah berdarah atau mengalami memar, timbul rasa nyeri pada tulang atau sendi, penurunan berat badan, pembesaran kelenjar getah bening, dan pembesaran limpa.

Pada stadium dini, penyakit leukemia ini memang tak begitu terlihat gejalanya dan ketika telah mencapai stadium akut, biasanya akan timbul gejala seperti muntah, kehilangan kendali terhadap otot, dan kejang-kejang.

Semua penyakit memiliki penyebab atau hal yang dicurigai sebagai penyebab, begitu juga dengan Leukemia. Setelah kita tahu apa itu Leukemia, maka kita akan membahas penyebab dari penyakit kanker darah. Beberapa sumber menyebutkan bahwa leukemia disebabkan oleh pertahanan terhadap zat tertentu, kemoterapi, radiasi dosis tinggi, sindrom down, merokok, T-cell virus, dan beberapa penyebab lain seperti sindrom mielodisplastik.

Semoga artikel tentang apa itu leukemia ini bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita semua.

Selanjutnya : Khasiat Jambu Biji Merah
Sebelumnya: Khasiat Jahe untuk Vitiligo
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar