Apa Itu Off Side dalam Sepak Bola?


Apa itu off side dalam sepak bola? Tentunya kita sering mendengar istilah off side ini ketika kita sedang menonton sebuah pertandingan sepak bola. Bagi bola mania atau pencinta sepak bola, tentu off side bukan istilah yang asing. Pada saat asik menonton sepak bola, tentu kita sering melihat sebuah gol dianulir oleh wasit karena off side atau seorang penyerang yang tiba-tiba menghentikan serangannya karena terdengan peluit dari hakim garis sambil mengangkat bendera yang merupakan tanda terjadinya off side. Lalu apa sih sebenarnya yang dimaksud off side  di sepak bola? Pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai pelanggaran dalam sepak bola yang sering disebut dengan istilah off side.

Off Side dalam Sepak Bola

Off side adalah sebuah posisi di mana seorang pemain berada lebih dekat dengan gawang lawan dibandingkan pemain lawan itu sendiri, sementara posisi bola juga masih berada sebelum pemain lawan. Masih agak bingung dengan apa itu off side dalam olahraga sepak bola? Analoginya seperti ini, posisi pemain mendahului pemain lawan dan operan bola. Misalnya, posisi pemain berada lebih dekat dengan gawang lawan, sementara bola masih berada di tengah lapangan, maka hal tersebut bisa disebut dengan off side.

Namun, jika sang pemain lebih dekat dengan gawang lawan dan mendahului para pemain lawan sambil membawa atau menggiring bola, hal ini tidak bisa disebut dengan off side. Secara umum ada dua syarat utama terjadinya off side, yakni posisi pemain yang lebih dekat dengan gawang lawan dibandingkan dengan pemain lawan itu sendiri dan posisi bola masih berada sebelum pemain yang mendahului pemain lawan tadi. Tanpa adanya dua syarat tersebut, maka belum bisa disebut sebagai off side.

Sudah pahamkan mengenai apa itu off side dalam sepak bola? Kadang, off side dapat digunakan sebagai trik jebakan yang dilakukan oleh kerjasama yang dilakukan oleh pemain belakang. Trik jebakan off side ini dilakukan ketika ada seorang penyerang lawan yang berada segaris dengan para pemain belakang dan ketika operan bola masih dalam perjalanan menuju sang penyerang, maka para pemain belakang serentak maju dan membuat penyerang tersebut dalam posisi off side. Sampai di sini dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Bacaan Yasin Ayat 56
Sebelumnya: Banyaknya HP yang Mirip Blackberry Gemini
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar