Menjawab Pertanyaan Apa Itu Quote Disertai Contoh-contohnya

Apakah pembaca pernah mendengar atau mengetahui apa itu quote? Quote adalah kata dari bahasa Inggris yang artinya mengutip. Berdasarkan arti tersebut, quote adalah pernyataan-pernyataan orang yang terkenal. Banyak kata dari tokoh-tokoh terkenal yang menjadi inspirasi, motivasi menjadi kata-kata bijak. Ada pula kata-kata dari anonym (tidak diketahui siapa yang membuat pernyataannya). Berikut akan dibahas  quote yang menjadi inspirasi banyak orang.

Quotes atau pernyataan penulis atau sastrawan bisa dilihat diambil dari dialog-dialog tokoh dalam ceritanya. Misalnya, Pramoedya Ananta Toer.

  • “Orang boleh memiliki kepandaian setinggi langit, tapi jika ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.
  • “Cinta itu indah Minke, juga kebinasaan yang mungkin membuntutinya. Orang harus berani menghadapi akibatnya.”
  • “Dan, alangkah indah kehidupan tanpa merangkak-rangkak di hadapan orang lain.”

Quote dari seorang tokoh bukanlah kata-kata yang hambar, kosong tanpa makna, namun sarat akan makna. Karena quote muncul dari pikiran dan hati yang medalam. Contoh lainnya adalah quote Mahatma Gandhi, seorang tokoh spiritual dan juga seorang politikus, negarawan yang memperjuangkan hak perdamaian rakyat India.

Gandhi  adalah seorang aktivis yang tidak menggunakan kekerasan dan menyuarakan kemerdekaan dan perdamaian dengan aksi damai. Quotes dari Mahatma Gandhi begitu menggugah dan menjadi semangat perdamaian bagi seluruh negara.

  • “Tuhan tidak pernah mengajarkan semua urusan manusia dilaksanakan berdasarkan  prinsip untung-rugi. Keadilan harus menjadi basis dari semua aktivitas manusia.”

Mahatma Gandhi juga membuat quotes mengenai kisah Rasulillah Muhammad Saw setelah ia selesai membaca biografi Nabi Muhammad Saw, yaitu:

  • Pernah saya bertanya-tanya siapakah tokoh yang paling mempengaruhi manusia… saya lebih dari yakin bukan pedanglah yang memberikan kebesaran pada Islam pada masanya.
  • Tapi ia datang dari kesederhanaan, kebersahajaan, kehati-hatian Muhammad, serta pengabdian luar biasa kepada teman dan pengikut tekadnya, keberaniannya, serta keyakinannya pada Tuhan dan tugasnya.
  • Semua ini (dan bukan pedang) menyingkirkan segala halangan. Ketika saya menutup halaman terakhir volume 2 (Biografi Muhammd), saya sedih karena tiada lagi cerita yang tersisa dari hidupnya yang agung.

Dari pernyataan Mahatma Gandhi bisa diartikan bahwa sesuatu hal bisa menjadi besar karena adanya perdamaian di negaranya, dan juga sifat seorang pemimpin yang sederhana, adil, bersahaja dan diiringi dengan kesetiaan orang-orang di sekelilingnya. Dengan mengetahu contoh quote, pertanyaan mengenai apa itu quote? tentu bisa kita pahami.

Selanjutnya : Jenis Jenis Metode Penelitian Kualitatif
Sebelumnya: Cara Bikin Usaha Showroom Motor Bekas
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini