Apa Itu Resensi Film?

Apa itu resensi? Secara umum resensi berarti sebuah ulasan tentang suatu karya yang dibuat sebagai informasi awal bagi masyarakat. Ulasan tersebut menjadi acuan yang akan menentukan sebuah karya bisa diterima khalayak atau justru sebaliknya. Adapun karya yang dimaksud, bisa berupa film, buku, karya tulis, musik, dan lainnya.

Membuat resensi bisa dibilang gampang-gampang susah. Melalui artikel ini, Anda bisa melihat satu contoh resensi film. Seperti apa itu resensi film? Sebelumnya, ada beberapa acuan pembuatan resensi film, yang harus Anda perhatikan.

1.    Pilihlah film yang akan Anda buatkan resensinya.

2.    Catat semua hal tentang film yang siap Anda resensi. Mulai dari judul film, jenis film, produser, sutradara, penulis naskah (scriptwriter), durasi, para aktor dan aktris, kapan film itu ditayangkan, hingga rumah produksi yang merilis film tersebut.

3.    Buatlah sinopsis, atau atau ringkasan cerita dari film yang siap diresensi.

4.    Jelaskan nilai positif dan negatif dari film yang Anda resensi.

5.    Buat simpulan tentang film yang diresensi.

Contoh Resensi Film

Berikut adalah contoh resensi film berjudul “TITANIC”

Data Film

Judul Film        : Titanic

Jenis Film        : Epik dan Roman

Produser        : James Cameron dan Jon Landau

Sutradara & Skenario    : James Cameron

Produksi        : Twentieth Century Fox Film

Durasi            : 194 menit

Dirilis            : Tahun 1997

Pemain         : Leonardo Dicaprio (Jack Dawson), Kate Winslet (Rose), Billy
Zane (Cal Hockley), Bill Paxton (Brock Lovett), Gloria Stuart
(Rose Tua)

Tentang Film

Titanic adalah film bergenre epic, roman yang terinspirasi dari sebuah kisah nyata, di balik tragedi tenggelamnya kapal RMS Titanic saat pelayaran pertamanya, tanggal 15 April 1912. Film ini menceritakan sebuah kisah cinta Jake dan Rose yang berasal dari dua kasta berbeda. Kisah cinta dua sejoli ini tidak begitu mulus, karena Rose telah ditunangkan paksa dengan Cal Hockley.

Puncak dari semua kisah  dari film ini, terjadi saat kapal termewah RMS Titanic mengalami kecelakaan, yang merenggut nyawa sebagian besar penumpang termasuk sang tokoh utama, Jack. Sementara, Rose yang selamat, hidup hingga usia ratusan tahun, tanpa sepengetahuan tunagannya yang juga terbebas dari jeratan maut.

Kelemahan film Titanic, adalah kemasannya yang cukup berat sehingga tidak bisa dinikmati semua umur. Sementara, kelebihan dari film ini, jelas terlihat dari efek pengambilan gambarnya. Visual effect yang begitu apik dan menghibur, membuat film ini berhasil memboyong sejumlah penghargaan.

Inilah sekilas tentang seperti apa itu resensi film. Selamat mencoba.

Loading...
Selanjutnya : Postulat dan Rumus Relativitas Waktu Einstein
Sebelumnya: Kelebihan dan Kekurangan Pakai Lidah Buaya Untuk Rambut
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar