Apa Kaitan Motivasi The Energizer Of Behaviour Dengan Konstruk Teoritis?

Dalam kajian motivasi, ada pertanyaan mengenai apa kaitan motivasi the energizer of behaviour dengan konstruk teoritis. Dalam kajian mengenai motivasi, antara motivasi dan kontruk teoritis memiliki sebuah hubungan yang kuat. Bahwa dalam proses pembentukan perilaku seseorang, motivasi merupakan dasar yang menggerakkan perilaku tersebut.

Disini, motivasi memiliki posisi sebagai kontruk teoritis, yaitu komponen yang mempengaruhi sesuatu. Motivasi sendiri diartikan sebagai sebuah kondisi yang berguna untuk mendorong, menggerakan seseorang dalam upaya melakukan tindakan untuk mendapatkan apa yang menjadi tujuannya.

Loading...

Perilaku

Dalam pembentukan perilaku seseorang, motivasi memiliki peran sebagai penggerak perilaku atau dikenal dengan istilah the energizer of behaviour. Dengan adanya motivasi atas sesuatu, maka manusia bisa memiliki kekuatan yang berlipat ganda dalam aktivitasnya. Hal ini dibandingkan jika manusia beraktivitas tanpa disertai motivasi.

Sebagai contoh, jika dalam sebuah kejuaraan lari tidak diberikan imbalan hadiah. Bisa jadi jumlah peserta yang mengikuti lomba tersebut akan sangat sedikit atau bahkan tidak ada. Namun dengan adanya hadiah dalam jumlah besar, mampu mendorong seseorang untuk ikut serta dalam lomba tersebut. Meski sebenarnya orang tersebut bukanlah seorang atlet lari marathon. Namun, motivasi untuk mendapatkan hadiah lomba, mampu meningkatkan semangatnya dalam mengikuti kejuaraan tersebut.

Secara umum, ada tiga hal yang mempengaruhi perilaku seseorang. ketiga hal tersebut adalah :

  1. Faktor dari lingkungan. Misalnya adanya suara bising, bahaya dari lingkungan atau desakan dari atasan.
  2. Faktor dari dalam. Misalnya cita-cita, harapan, emosi atau juga naluri
  3. Tujuan dari sebuah objek. Faktor ini biasanya berasal dari dalam diri seseorang, yang ditunjukkan melalui kepuasan kerja, tanggung jawab. Sementara faktor dari luar antara lain gaji, uang insentif dan lainnya.

Ciri Motivasi Dalam Perilaku

Ada beberapa ciri motivasi yang muncul dalam proses perilaku seseorang. misalnya :

  1. Aktivitas perilaku yang muncul melalui bentuk tanggapan yang bermacam-macam.
  2. Kekuatan serta efisiensi perilaku seseorang yang memiliki hubungan bervariasi dengan kekuatan dari faktor yang mempengaruhi.
  3. Motivasi mampu membimbing perilaku seseorang pada sebuah cita-cita
  4. Penguatan positif, yang mengakibatkan sebuah perilaku memiliki kecenderungan untuk dilakukan berulang kali.
  5. Kekuatan Perilaku yang melemah apabila ada dampak atas aktivitas yang bersifat kurang menyenangkan.

Demikian ulasan singkat mengenai apa kaitan motivasi the energizer of behaviour dengan konstruk teoritis. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan mengambil manfaat mengenai pentingnya motivasi dalam kehidupan kita sehari-hari.

Loading...
Selanjutnya : Sejarah Sistem Pemerintahan yang Dianut Indonesia Sekarang
Sebelumnya: Faktor Penyebab Kerusakan Hutan di Kalimantan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar