Cara Menyingkat Nama dan Mengetahui Apa Kepanjangan dari Bank BTPN


Apa kepanjangan dari Bank BTPN? Pertanyaan ini kadang muncul dalam satu soal pelajaran Bahasa Indonesia saat ujian sekolah berlangsung. Nama bank ini adalah kepanjangan dari Bank Tabungan Pensiun Negara, satu bank dimana para pensiunan pegawai negeri bisa mengambil haknya setiap bulan setelah pensun dari masa kerjanya.

Penggunaan bahasa oleh setiap penutur berbeda-beda tergantung dari kebutuhan yang sedang dirasakan. Cara kita bicara pada orangtua, anak-anak, teman, rekan kerja atau atasan tentu saja berbeda dengan cara kita bicara saat sedang pidato atau melakukan talkshow di hadapan banyak orang. Saat sedang melaksanakan presentasi di depan kelas atau di hadapan penguji juga akan berbeda. Bahasa yang diucapkan bisa memperlihatkan kepribadian penuturnya juga.

Penggunaan Singkatan untuk Nama Perusahaan Negara

Setiap hari kita melihat banyak spanduk atau papan nama yang memuat singkatan di dalamnya. Berbagai nama atau istilah bisa disingkat sesuai dengan keinginan pemakainya.

Nama Bank BTPN juga merupakan singkatan nama bank milik pemerintah yang khusus melayani kebutuhan pegawai negeri yang sudah menunaikan pengabdiannya pada negara dan tinggal menikmati haknya serta menikmati masa tua. Apa kepanjangan dari Bank BTPN itu? Bank ini singkatan dari Bank Tabungan Pensiun Negara, nama bank yang cukup popular di masyarakat Indonesia.

Selain BTPN apakah ada nama bank lain atau nama lembaga atau perusahaan milik Negara yang disingkat. KADIN misalnya, adalah kepanjangan dari Kantor Dagang Indonesia, adalah salah satu lembaga Negara yang memiliki singkatan. Apakah penggunaan singkatan terbatas pada nama-nama tertentu saja?

Tentu tidak. Masih banyak kata lain yang bisa disingkat namun tentunya ada kaidah atau aturan penggunaannya yang benar sesuai dengan yang tertulis di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Aturan Penyingkatan dalam Bahasa Indonesia

Singkatan untuk nama resmi lembaga pemerintah atau yang berhubungan dengan ketatanegaraan, suatu badan hukum atau organisasi dan nama dokumen yang sah bisa dituliskan dengan huruf awal kapital tanpa ditambahkan dengan tanda titik, misalnya DPR (Dewan Perwakilan Rakyat), KK (Kartu Keluarga), SIM (Surat Ijin Mengemudi) atau KTP (Kartu Tanda Penduduk). Sedikit uraian tersebut di atas cukup bisa dipahami apabila ada yang bertanya apa kepanjangan dari Bank BTPN.

Selanjutnya : Apa Keunggulan Susu Kental Manis Frisian Flag Gold
Sebelumnya: Cara Mengurus Bayi yang Baik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar