Apa Maksud Seorang Guru yang Profesional Harus Memiliki Keahlian


Seringkali kita menemukan wacana seorang guru yang profesional haruslah memiliki keahlian. Lantas, akan muncul pertanyaan, apa maksud seorang guru yang profesional harus memiliki keahlian?

Seorang guru hakikatnya adalah seorang pengajar, pembimbing, penebar informasi atau ilmu pengetahuan. Sehingga, seorang guru dianggap sebagai sumber pengetahuan bagi banyak orang. Itu sebabnya, guru yang profesional hakikatnya wajib memiliki keahlian. Terutama keahlian di bidang mata pelajaran yang ia ajarkan. Sebab, dialah orang yang menjadi tempat bertanya bagi murid-muridnya. Dan, sosok yang akan dicontoh dari kemampuan serta tingkah lakunya.

Dengan adanya keahlian yang dimiliki oleh seorang guru, maka kredibilitasnya mengemban profesi ini dianggap profesional. Untuk itu, perlulah sekiranya seorang guru dilatih terlebih dahulu dengan hal-hal yang sesuai dengan disiplin ilmu yang ia ajarkan sebelum turun sebagai tenaga pengajar.

Berikut ada beberapa contoh keahlian seorang guru yang sepadan dengan tugasnya sebagai pengajar:

  • Guru Agama Islam, dituntut wajib memiliki keahlian dalam mempraktekkan segala tata cara yang berhubungan dengan ibadah wajib dan sunah agama Islam. Misalnya, keahlian mengaji, keahlian memandikan jenazah, keahlian memimpin shalat berjamaah, keahlian menyampaikan tahap demi tahap ibadah haji, dan lain sebagainya.
  • Guru Matematika, dituntut wajib memiliki keahlian dalam membuat formula atau rumus-rumus yang ringkas dan mudah diingat oleh setiap anak didiknya. Memiliki keahlian membuat contoh-contoh soal yang bervariasi. Serta memiliki keahlian membangun suasana menyenangkan untuk memancing semangat peserta didiknya menghadapi mata pelajaran yang sebagian besar ditakuti banyak orang ini.
  • Guru Olahraga, dituntut wajib memiliki keahlian memainkan seluruh cabang olahraga meskipun dia bukan seorang atlet dari cabang olah raga manapun. Memiliki keahlian tentang tata cara perenggangan dan relaksasi sebelum dan sesudah olah raga dilakukan. Memiliki keahlian memberikan pertolongan pertama ketika peserta didik cedera dalam melakukan olah raga tertentu.
  • Guru Geografi, dituntut wajib memiliki kemampuan membaca peta. Memiliki keahlian mengenal ciri khas berbagai negara (walaupun sama sekali belum pernah berada di negara tersebut), mengenal berbagai iklim di dunia, dan potensi SDA yang ada di dunia.
  • Guru Bahasa Inggris, dituntut memiliki keahlian berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris dengan baik dan benar.

Seperti itu sekiranya jawaban dari pertanyaan apa maksud seorang guru yang profesional harus memiliki keahlian. Semoga memuaskan.

Selanjutnya : Tips Desain Tempat Cuci Motor Agar Nyaman dan Menarik
Sebelumnya: Unsur Kebudayaan Religi Fitrah Asli Manusia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar