Apa Manfaat Buah Sawo yang Masih Muda?

Kita tentu tidak asing lagi dengan buah sawo yang berwarna cokelat ketika telah matang, lalu apa manfaat buah sawo yang masih muda? Buah sawo yang masih muda biasanya digunakan sebagai bahan ramuan untuk mengobati penyakit disentri dengan mencampurnya dengan garam. Tak hanya buah sawo yang masih muda saja yang memiliki manfaat, tapi juga buah sawo yang sudah matang juga memiliki banyak manfaat.

Buah sawo yang sudah matang berwarna cokelat dan rasanya manis ini diketahui mengandung banyak serat. Serat ini penting untuk melancarkan pencernaan agar buang air besar lancar dan mencegah penyakit kanker usus. Bagi yang mengalami susah buang air besar atau sembelit dapat mengonsumsi buah sawo ini agar membantu melancarkannya. Tak hanya itu, buah sawo juga mengandung tanin yang memiliki sifat anti virus, anti inflamasi, anti bakteri, dan anti parasit, serta mengandung anti oksidan untuk menangkal radikal bebas.

Manfaat buah sawo yang masih muda ini sebenarnya tak hanya untuk mengobati disentri saja, tapi juga diketahui dapat digunakan untuk mengobati radang mulut. Sawo yang sudah matang mengandung vitamin A dan vitamin C dalam jumlah yang cukup baik. Seperti yang kita ketahui, vitamin A baik digunakan untuk menjaga kesehatan mata, kulit, dan selaput lendir. Sedangkan vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam menghadapi radikal bebas, mencegah infeksi, dan bermanfaat untuk kecantikan.

Tak hanya buah sawo saja yang memiliki manfaat, tapi daun sawo juga diketahui memiliki manfaat yang tak kalah baiknya. Daun sawo dapat digunakan sebagai anti inflamasi  pada mulut. Bagaimana caranya? Cukup mudah, ambil daun sawo secukupnya kemudian rebus selama sekitar 10 menit. Setelah selesai direbus selama 10 menit, maka didihkan lagi dengan air mendidih dan setelah itu gunakan sebagai obat kumur ketika air sudah dingin.

Berdasarkan penjabaran di atas, kita telah mengetahui apa manfaat buah sawo yang masih muda, yang sudah matang, dan juga daun sawo. Tak disangka-sangka buah sawo memiliki manfaat yang cukup banyak bagi yang mengonsumsinya. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

Loading...
Selanjutnya : Apa itu Pembesaran Kelenjar Getah Bening?
Sebelumnya: Langkah-langkah dalam Perakitan PC Secara Umum
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar