Apa Manfaat Mempelajari Ilmu Kimia?

Bagi sebagian orang mungkin mempelajari imu kimia ini sangat sulit dan memusingkan. Ilmu kimia merupakan ilmu perhitungan dengan berbagai macam simbol-simbol kimia sesuai dengan tabel periodiknya. Ilmu kimia ini sangat erat hubungannya dengan kehidupan kita sehari-hari. Lalu apa manfaat mempelajari ilmu kimia ini? Ada banyak manfaat yang kita dapatkan dari mempelajari ilmu kimia ini, salah satunya adalah pengetahuan tentang alam ini.

Setiap benda yang ada di alam raya ini memiliki unsur kimianya. Segala sesuatu yang terjadi di alam ini dapat kita ketahui dengan adanya ilmu kimia. Kimia merupakan induk ilmu sains yang ada di dunia. Ilmu kimia jugalah yang dapat dijadikan patokan ketika suatu peristiwa atau fenomena terjadi di alam ini. Oleh karena itulah, ada beberapa cabang ilmu kimia yang dapat dipelajari oleh kita.

Cabang Ilmu Kimia

Berikut ini adalah cabang ilmu kimia yang dipelajari oleh kita.

1. Ilmu Biokimia

Cabang ilmu kimia ini berkaitan dengan biologi yaitu berhubungan tentang adanya reaksi kimia, senyawa kimia, dan interaksi kimia. Hal ini dikarenakan biokimia mempelajari ilmu tentang organisme makhluk hidup yang ada di dunia ini.

2. Ilmu Kimia Organik

Ilmu kimia ini mempelajari bentuk, mekanisme, sifat, dan reaksi senyawa kimia yang ada pada senyawa organik yang terbentuk berdasarkan rantai karbonnya.

3. Ilmu Kimia Anorganik

Cabang ilmu kimia ini mempelajari reaksi senyawa dan sifat yang ada dalam senyawa anorganik.

4. Ilmu Kimia Nuklir

Ilmu kimia nuklir ini mempelajari tentang proses pembentukan partikel subatom menjadi inti atom. Adanya tabel nuklida dalam kimia nuklir ini merupakan hasil dari adanya transmutasi modern. Transmutasi modern ini merupakan bagian dari ilmu kimia nuklir yang terbesar.

5. Ilmu Kimia Analitik

Cabang ilmu kimia analitik ini merupakan pelajaran atau proses kimia yang banyak dipelajari oleh manusia. Kimia analitik ini mempelajari tentang pemahaman kimia dalam penyusunan kimia dan strukturnya. Metode eksperimen merupakan standar yang biasa dilakukan dalam kimia analitik. Metode tersebut digunakan untuk semua subdidiplin kimia.

Peranan Ilmu Kimia

Adapun peranan ilmu kimia dalam kehidupan kita sehari-hari di antaranya adalah kita dapat mengetahui bagaimana proses suatu kejadian yang terjadi di sekitar kita, adanya pemanfaatan dalam menghasilkan suatu produk yang bermanfaat bagi manusia. Selain itu, peranan kimia juga dapat diterapkan dalam ilmu lainnya seperti bidang pertanian, kedokteran, farmasi, geologi, dan biologi.

Demikian sekilas tentang apa manfaat mempelajari ilmu kimia yang dapat dibahas. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Dirham dan Dinar adalah Mata Uang Paling Stabil di Dunia
Sebelumnya: Datang Bulan di Saat Hamil Bukan Pertanda Menstruasi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar