Apa Penyebab Mens Telat dan Mengapa?


Banyak wanita khawatir ketika periode mens mereka terlambat. So apa penyebab mens telat? Sebenarnya disebabkan oleh beberapa alasan, dan banyak dari alasan itu yang tidak dianggap sangat berbahaya.

Penyebab Medis

Alasan paling umum untuk periode mens telat adalah perubahan hormonal, yang mungkin disebabkan oleh kehamilan, menyusui, atau beberapa jenis kontrasepsi.

Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan menstruasi yang tidak teratur, serta, seperti penyakit tiroid, tumor hipofisis, atau sindrom ovarium polikistik. Perlu diketahui satu alasan paling umum untuk periode mens telat adalah kehamilan.

Itulah sebabnya mengapa wanita yang telah melakukan hubungan seksual dalam bulan-bulan menjelang periode mens tertunda harus mengambil tes kehamilan. Jika negatif, dan mereka baru mulai tipe baru alat kontrasepsi hormonal.

Jika periode mens tertunda sekitar waktu yang sama saat seorang wanita mengubah dietnya atau olahraga rutin, hal ini juga dapat menjadi indikator kuat dari kemungkinan penyebab menst telat. Hal ini terutama berlaku pada wanita mencoba untuk menurunkan berat badan, sebagai nutrisi cukup dan aktivitas fisik yang berlebihan adalah beberapa alasan untuk periode mens telat.

Bahkan perempuan yang dilakukan menurunkan berat badan mungkin tidak memperhatikan masalah ini jika berat badan mereka terlalu rendah untuk tinggi badan mereka, sebagai jumlah yang sehat lemak tubuh biasanya diperlukan untuk bisa menstruasi kembali.

Jika tubuh mengalami kesulitan karena kuranya jumlah lemak, ia akan mulai mematikan sistem untuk menghemat energi, dan menstruasi menjadi salah satu peristiwa pertama bahwa tubuh akan meresponnya. Hal ini karena dianggap tidak diperlukan untuk kelangsungan hidup tubuh, itulah sebabnya mengapa berat badan dan makan nutrisi yang cukup bisa membawa kembali menstruasi.

Apa penyebab mens telat lainnya juga beberapa kondisi medis. Misalkan sindrom ovarium polikistik juga salah satu penyebab yang umum. Sindrom ini juga biasanya disebut sebagai PCOS, alias ketidakseimbangan hormon yang dapat menyebabkan infertilitas, rambut menipis, dan menstruasi yang tidak teratur.

Di sisi lain, beberapa wanita mengembangkan tumor pada kelenjar hipofisis mereka yang merangsang tubuh untuk membuat prolaktin, sehingga terlambat menstruasi. Selain itu, masalah dengan kelenjar tiroid adalah salah satu alasan yang mungkin untuk periode mens telat. Kunjungilah dokter untuk diagnosis dan pengobatan kondisi seperti itu.

Selanjutnya : Peristiwa Gempa Bumi di Indonesia Terdahsyat
Sebelumnya: Pembuatan Makalah Prospek Olahan Daging Unggas
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar