Apa Penyebab Penyakit Mata Ikan


Apa penyebab penyakit mata ikan pada kaki? Itulah pertanyaan yang jarang dilontarkan, tapi ketika timbul mata ikan pada telapak kaki, langsung cari obatnya. Padahal yang tindakan preventif adalah menghindari penyakit itu muncul.  Bukankah mencegah itu lebih baik dari mengobati.  Itulah terkadang kita remeh dengan penyakit ini. Tapi jika muncul di kaki rasanya sangat menyakitkan saat berjalan.

Mata Ikan atau istilah kedokteran dinamai clavus. Tanda mata ikan dilihat dari visual berupa benjolan kecil di telapak kaki. Benjolan ini berupa penggumpalan kulit kaki tepatnya pengerasan kulit karena faktor eksternal seperti pemakaian alas kaki yang tak tepat ukuran.

Penyebab Penyakit Mata Ikan

Berikut ini penjelasan ringkas tentang beberapa penyebab penyakit mata ikan, antara lain:

•    Virus

Penyebab mata ikan bisa dikarena oleh ulah virus jenis HPV ( Human Papillomavirus ), virus ini masuk melalui pori-pori dan menginfeksi jaringan kulit kaki, sehingga mengakibatkan penebalan pasa sejumlah titik.

•    Pemakaian alas kaki salah

Pemicu kedua adalah karena pemakaian alas kaki ( sepatu / sandal ) yang terlalu sempit, yang berlangsung lama. Sehingga menimbulkan penebalan kulit pada bagian-bagian kaki seperti engkel, ruas jari, dan telapak kaki.  Selain itu juga terjadi karena gesekan antara kulit dan bagian alas kaki, sehingga terjadi penebalan.

•    Faktor tekanan beban pada titik tertentu

Faktor kedua adalah faktor beban yang ditumpu pada titik-titik tertentu seperti pada ruas bagian pinggir telapak kaki, bagian belakang tumit dan sekitarnya.

Beragam Penyembuhan Mata Ikan   

Jika mata ikan semakin tebal, rasanya seperti ada ganjalan pada telapak kaki ketika di bawa berjalan.  Lama kelamaan akan terasa sakit, karena penebalan kulit menekan kedalam pada jaringan daging dan syaraf.  Namun jangan kewatir, ada solusi untuk mengatasi penyakit ini. Berikut ini adalah cara mudah menyembuhkan mata ikan.

Caranya  bisa dengan menggunakan irisan bawang putih, kemudian ditempel pada titik yang terdapat mata ikan, lantas diplester dengan lakban atau plester biasa.  Lakukan ketika malam hari menjelang tidur, biarkan sampai pagi hari.   Lakukan setiap hari selama lima hari, pasti mata ikan bisa lepas sendiri.

Demikianlah sedikit uraian tentang apa penyebab penyakit mata ikan. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Campuran Minuman yang Segar
Sebelumnya: Power Monitor Komputer Nyala tapi Tidak Ada Gambar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar