Apa Penyebab Siklus Menstruasi Berbeda Tiap Bulannya?


Apa penyebab siklus menstruasi berbeda tiap bulannya? Apakah normal? Itulah kebingungan yang biasa terjadi pada wanita yang mulai memasuk masa akil balig.  Memang siklus datang bulan itu datangnya tak selalu tepat waktu.  Biasanya selalu  maju di lima hari dari bulan kemarin.

Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang tidak sama. Ada yang setiap 25 hari, ada yang 30 hari, dan sebagainya. Siklus bisa maju tiga hari atau mundur sehari.  Setiap wanita mempunyai kalender biologis masing-masing. Masa menstruasi berlangsung 5 sampai 6 hari, tergantung kondisi dan aktifitas fisik wanita.  Perbedaan ini disebabkan karena kondisi hormon wanita berbeda pula.

Datang bulan menjadi masalah apabila  telat terlalu lama, atau masa pendarahan yang durasinya menyimpang, terlalu pendek atau bahkan lewat dari 6 hari. Berikut ini penjelasan tentang apa penyebab siklus menstruasi berbeda tiap bulannya?  Di luar siklus alami:

1.    Stress

Stress menjadi pemicu rusaknya kalender menstruasi. Ketika wanita sedang stress karena masalah kerja maupun urusan sekolah, biasanya mempengaruhi  peningkatan produksi hormon kortisol dalam tubuh, sehingga mengakibatkan datang bulannya terlambat dari jadwal biasanya.

2.    Gangguan hormon

Penyebab kedua adalah gangguan hormon pada kelenjar hipofisa. Fungsi hormon ini menginduksi otak untuk membuat sel telur. Namun ada kasus yang gangguan kesehatan yang mengakibatkan gangguan kelenjar hormon ini. Sehingga produksi sel telur juga terganggu.

3.    Masalah berat badan

Masalah berat badan juga menjadi pemicu telatnya datang bulan. Wanita yang terkena obesitas, termasuk golongan siklus menstruasinya tak tetap. Bahkan mungkin masa datang bulannya terlalu lama melebihi 6 hari.

4.    Efek samping dari obat-obatan

Faktor terakhir adalah efek samping dari konsumsi obat-obatan dalam waktu lama. Pasien yang tengah menjalani kemoterapi rentan terhadap gangguan siklus menstruasi.

Ketika datang bulan biasanya tubuh jadi tak nyaman, misalnya lemas, perut mulas dan perasaan menjadi sensitif  Agar masa datang bulan tetap sehat ada baiknya Anda mengonsumsi makanan yang bergizi tinggi, dan olah raga ringan.

Demikianlah sekilas tentang uraian singkat, apa penyebab siklus menstruasi berbeda tiap bulannya?

Selanjutnya : Tanda Kista Nyeri Perut Kiri Bawah Saat Menstruasi
Sebelumnya: Tahayul Khasiat Batu Petir Ponari
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar