Apa Penyebab Terjadinya Pasang Surut Air Laut?


Apa penyebab terjadinya pasang surut air laut? Pertanyaan serupa tentu akan membuat Anda penasaran dan mencoba untuk mencari tau jawabannya. Air laut mengalami pasang dan surut sebab terjadinya proses gaya tarik daripada gravitasi dan merupakan efek dari sentrifugal. Yakni dorongan yang mengarah ke luar dari pusat rotasi bumi. Berdasar pada teori kesetimbangan, faktor terjadinya pasang surut air laut adalah rotasi atau perputaran bumi pada sumbu, revolusi bumi terhadap pusat tata surya yaitu matahari, dan rotasi bulan terhadap pusat tata surya yakni matahari. Selain itu juga teori dinamis menyatakan tingkat kedalaman dan luasnya perairan serta pengaruh dari gaya coriolis atau rotasi pada bumi dan gesekan dasarnya yang menyebabkan pasang surut air laut.

Seperti yang diketahui, sekalipun ukuran matahari lebih besar dari bulan, justru gaya trik dari bulan lebih besar dua kali dibandingkan gaya tarik matahari dalam prosesnya membuat adanya pasang dan surut air laut. Rotasi bumi yang berada di bagian bawah air yang muka airnya menggelembunglah yang menyebabkan naik dan turunnya permukaan laut di daerah pesisir secara periodik. Yakni dua kali pasang dan dua kali pula surut selama 24 jam.

Di Balik Pasang Surut Air Laut

Sebagai kekuasaan Tuhan atas alam di dunia, pasang surut air laut lantas dikaitkan dengan proses kehidupan manusia yang juga dikatakan mengalami peristiwa pasang dan surut. Yang mana kehidupan manusia tidak akan selamanya pasang dan tidak akan selamanya surut. Tidak juga terus menerus tenang dan tidak bergolak. Selayaknya ombak yang turut hadir pada pasang dan surut di air laut. Kadang kala pasang yang terjadi sangat dahsyat sehingga menyebabkan air tumpah ruah hingga jauh ke daratan. Hal ini biasanya dikenal dengan banjir rob. Yang terkadang sampai menimpa perumahan dan pemukiman warga di sekitar wilayah pantai. Serta mematikan mata pencaharian mereka. Yakni sebagai nelayan yang memang mengabdikan hidup mereka mencari makan dari hasil tangkapan laut.

Kadang juga surut terjadi hingga jauh ke tengah pantai yang biasanya tertutupi air laut dengan tingginya. Hingga membuat hamparan padang pasir nampak di tepi pantai. Hal ini menyebabkan pemandangan yang berbeda di pesisir pantai. Ada yang senang melihat kondisi alam seperti ini dan ada pula yang sedih. Begitupun hidup yang alurnya tidak bisa ditebak kapan ia benar-benar pasang dan kapan benar-benar surut.

Sedianya jika manusia belajar dari alam, seperti mengintropeksi diri mengenai apa penyebab terjadinya pasang surut air laut dan yang menimpa pada dirinya, maka manusia tersebut akan memperoleh kebijaksanaan. Bijak dalam menjalani hidup. Menerima kekuasaan-Nya yang nyata.

Selanjutnya : Fungsi Hiasan dalam Rumah
Sebelumnya: Foto Korban Bencana Tsunami Aceh dan Penjelasannya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar