Apa Perbedaan Hepatitis B karena Virus dengan Non Virus?

Apa perbedaan hepatitis B karena virus dengan non virus? Dilihat dari akibatnya, tidak terlihat perbedaan. Keadaan penderitanya sama saja. Mata mereka kuning, organ hati menjadi tidak berfungsi dengan baik sehingga pencernaan pasti terganggu. Hal ini sangat berbahaya. Tubuh menjadi sangat lemas dan daya pikir pun menurun.

Yang berbeda adalah penyebabnya. Kalau disebabkan oleh virus hepatitis B, biasanya karena tertular dari orang lain. Sedangkan karena obat-obatan atau makanan yang mengandung zat kimia perusak hati, biasanya karena gaya hidup, ketidakpedulian atau malah ketidaktahuan.

Sangat Mudah Menular

Hepatitis B sangat mudah menular. Virus ini bisa menyebabkan seluruh anggota keluarga sakit tanpa terkecuali. Mulai dari bayi merah hingga orang tua, tetap bisa tertular penyakit kuning ini.

Itulah mengapa vaksinasi hepatitis B sangat dianjurkan. Harganya memang cukup mahal bila dilakukan setelah dewasa. Belum ada subsidi untuk vaksin hepatitis untuk orang dewasa.

Kalau ada salah satu anggota keluarga yang terkena hepatitis B, jangan sekali-kali memakan sisa makanan penderita. Tempat makan, seperti piring, mangkuk, sendok, garpu, gelas, semuanya harus dipisah.

Mencucinya pun harus dipisah agar alat cuci tidak menjadi fasilitas penyebar virus hepatitis B. Kalau ada air liur penderita yang menempel di bantal, segera dicuci. Semuanya harus steril dari cairan yang berasal dari tubuh penderita.

Agak merepotkan, tetapi hal ini harus dilakukan demi menjaga anggota keluarga yang lain tidak tertular hepatitis B. Selain itu, semua orang harus menjaga pola makan dan pola hidupnya termasuk tidur dan olahraga agar imun tubuh tetap terjaga. Jika imun tubuh menurun, sebaiknya tidak berdekatan dengan penderita hepatitis B. Ingat bahwa penyakit ini bisa menyebabkan kanker hati.

Cara Penularan

Cara penularan hepatitis B cukup mudah. Orang yang melakukan seks bebas, sangat rentan terkena virus ini. Mereka yang sering makan bersama dalam satu wadah juga bisa terkena virus hepatitis. Kehati-hatian dan tetap waspada adalah cara yang paling tepat selain melakukan vaksinasi.

Kesimpulan dari pertanyaan apa perbedaan hepatitis B karena virus dengan non virus adalah bahwa perbedaan itu terletak pada cara penularan dan bukan dari kondisi tubuh penderita.

Selanjutnya : Apa Tujuan yang Ingin Dicapai dalam Ajaran Hindu?
Sebelumnya: Apa Manfaat Minyak Lintah?
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini