Apa Perbedaan Pahala Haji dan Umroh


Apa perbedaan pahala haji dan umroh, banyak diterangkan dalam Al Quran dan Hadist.  Haji merupakan salah satu dari rukun Islam nomor lima.  Diwajibkan semua umat Islam yang mampu dari segi finansial, fisik maupun spiritual untuk menunaikan ibadah haji di Mekkah.

Di janjikan oleh Allah SWT kepada siapa yang menunaikan haji dengan sempurna, pahala yang berlipat ganda.  Ditinggikan derajatnya dari kaum biasanya.

Ibadah haji merupakan sebuah kerinduan yang mendalam bagi umat Islam terutama tinggal di Indonesia maupun di luar jazirah Arabia.  Walaupun ibadah haji sifatnya sunah, tapi dengan niat dan ridho Allah SWT, banyak umat Islam yang bertekat iktiar dengan bekerja keras  menabung untuk biaya pergi haji kelak. Biaya pergi haji dari Indonesia cukup mahal dan perlu waktu tunggu yang sangat penjang ( lebih dari 20 tahun). Walau pun demikian mereka dengan iklas berusaha mewujudkan impiannya.

Bagi yang belum bisa menunaikan ibadah haji, bisa pergi umroh dulu sebagai bentuk ibadah sunnah sekaligus latihan bagaimana cara berhaji.  Umroh bisa dilakukan kapan saja asalkan mampu dan dalam kondisi sehat.

Apa Perbedaan Pahala Haji dan Umroh ?

Berikut ini beberapa penjelasan tentang pahala haji dan umroh :

•    Menghapus dosa selama hidup

Selama mengikuti proses ibadah haji yang dilakukan sungguh-sungguh,khusuk agar menjadi haji mabrur. Insyallah mendapat ganjaran dari Allah SWT berupa pengampunan dosa-dosanya yang pernah diperbuat.

•    Doa-doa lebih makbul

Doa yang dipanjatkan selama ibadah haji bakal dijabahi oleh Allah SWT, karena para jemaah haji ini merupakan tamu-tamu Allah SWT. Mereka datang jauh-jauh dari tempat asalnya demi menuruti panggilan Illahi.

•    Jaminan sorga dari Allah SWT

Pahala yang diidamkan manusia adalah jaminan kapling di surga kelak. Ini yang menjadi motivasi umat Islam untuk pergi haji.

Pahala Ibadah Umroh

Sedangkan pahala ibadah umroh takarannya tak sebesar ibadah haji.   Ibadah umroh yang dilaksanakan dengan kusyuk, pahalanya berupa penghapusan dosa-dosa oleh Allah SWT. Selain itu dibadahnya dicatat sebagai pahala besar dan mendapat keringanan dari siksa kubur, dimudahkan ketika masa hisap kelak.

Sekian sedikit tentang apa perbedaan pahala haji dan umroh.  Smoga berkenan.

Selanjutnya : Melihat Ciri-ciri Anak Pintar
Sebelumnya: Situs Penerjemah yang Paling Bagus
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar