Apa Saja Contoh dari Limbah Padat?


Masalah limbah adalah masalah kita semua, sebab bila tak diselesaikan, akibat buruknya akan dirasakan oleh semua orang, tak hanya mereka yang membuat limbah itu saja. Jenis limbah ada yang cair, padat, juga gas. Apa saja contoh dari limbah padat, limbah cair dan limbah gas? Simak berikut ini.

Jenis Limbah

Sebagai sampah atau buangan yang telah tak terpakai lagi oleh sebuah industri atau produksi dan rumah tangga, limbah cukup menimbulkan masalah dalam hal pembuangannya. Efek yang ditimbulkan bisa terus berlanjut hingga jangka panjang apabila limbah itu tidak diperlakukan secara layak.

Bila limbah tersebut berbentuk cair, maka ada aturan pengolahan terlebih dahulu yang harus dilakukan oleh perusahaan untuk mengurangi efek buruk yang bisa ditimbulkan limbah tersebut pada lingkungan. Biasanya limbah cair berasal dari pabrik tekstil, peternakan, dan juga rumah tangga.

Bila limbah tersebut berbentuk padat, atau lumpur (bubur), maka ada pula aturan yang berlaku untuk pengolahannya. Misalnya limbah dari pabrik gula, pabrik pengawetan ikan, pabrik pengolahan kayu, dan lainnya.

Contohnya adalah: ampas tebu yang telah diperas di pabrik gula, sisa tubuh ikan dan buah yang diolah di pabrik, material sisa bangunan yang telah dibuang, kantong plastik bekas limbah rumah tangga, kaleng-kaleng minuman. Limbah lainnya seperti styrofoam, besi bekas, barang elektronik rusak, mobil tua, botol, baju, alat rumah tangga, dan lainnya.

Demikian pula untuk limbah gas, maka berlaku proses tertentu yang harus dilakukan sebelum gas buang itu dilepas ke alam. Dampaknya terhadap lingkungan cukup besar, sebab limbah padat, limbah cair, dan juga gas biasanya sulit terurai, mengandung bahan yang berbahaya bagi lingkungan, dan menimbulkan penyakit.

Mengolah Limbah Padat

Limbah padat akan lebih mudah diolah kembali dengan menjadikannya produk lain dalam proses daur ulang. Misalnya sisa material bahan bangunan akan digunakan sebagai dasar urug pondasi dari sebuah bangunan lain. Styrofoam bisa diolah menjadi bahan dari batu bata, untuk bahan ketrampilan tangan, dan lainnya.

Benda apa saja contoh dari limbah padat dapat diproses kembali menjadi lebih bermanfaat bila manusia mau menggunakan sedikit kreatifitasnya. Yang jelas, masalah limbah dan sampah memang harus mendapat lebih banyak perhatian dari masyarakat dan pemerintah, untuk kesejahteraan dan keindahan serta kelestarian alam dan lingkungan.

Selanjutnya : Pengertian Jamuan Bisnis dalam Dunia Kerja
Sebelumnya: Kebudayaan India Kuno yang Masih Bertahan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar